Wagub Emil Dardak Apresiasi Renville Antonio Gelar Kesenian Bantengan di Malang

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak saat memberikan sambutan di acara Kesenian Bantengan di Malang/RMOLJatim
Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak saat memberikan sambutan di acara Kesenian Bantengan di Malang/RMOLJatim

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengapresiasi Ketua Umum Komunitas Overlanding Indonesia Renville Antonio yang menggelar kesenian Bantengan di lapangan Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Minggu (17/12).


"Ini sebagai contoh, bagaimana Pemerintah Provinsi mendapat dukungan dari elemen masyarakat untuk membantu dalam melestarikan budaya. Saya berterimakasih terhadap Komunitas Ovelanding Indonesia, khususnya kepada Pak Renville sebagai Ketua Umum yang sudah mewadahi acara ini bersama dengan sejumlah elemen masyarakat. Diantaranya Pemerintah Desa, Karangtaruna dan lain-lain," ujar Emil Dardak. 

Ia mengaku takjub ternyata minat masyarakat sedemikian besar sehingga menambah semangat pihaknya bahwa budaya seperti bantengan ini memang harus diestarikan.

“Selain itu, kegiatan ini punya dampak ekonomi kepada masyarakat," imbuhnya.

Emil menekankan kekompakan untuk selalu mengisi kebudayaan daerah. 

"Insya Allah, kalau bersama terus guyub, kesenian Bantengan akan terkenal di Indonesia. Jadi kami memiliki program sehat, cerdas, sejahtera. Selain itu, ada jatim harmoni. Perut boleh terisi, dompet boleh terisi, tapi kalau tidak bisa mengisi kebudayaan sendiri, maka tidak lengkap," tandasnya. 

Emil menegaskan, Pemprov Jatim mendukung kesenian bantengan agar selalu dirawat dan dilestarikan. Bahkan ia menginginkan kesenian bantengan ini dikembangkan menjadi promosi wisata Jawa Timur.

"Dukungan itu nantinya melalui lembaga pendidikan dan melalui desa-desa. Kita kan ada sinergi dengan Pemerintah Desa. Bagaimana peran desa dan lembaga pendidikan SMA untuk memberikan ruang kepada pelaku seni, supaya mereka bisa berkembang,” ujarnya. 

Selain itu, ia berharap dalam agenda kalender budaya itu akan menyertakan kesenian bantangan ini.

“Ini potensi bagaimana promosi wisata dan promosi event kita bisa menyertakan agenda akbar untuk kesenian bantengan," pungkasnya 

Kegiatan yang digelar Komunitas Overlanding Indonesia itu dipadati ribuan masyarakat dan sangat antusias dalam menyaksikan kesenian bantengan tersebut. Puluhan penggiat seni bantengan dari Malang juga turut membaur menjadi satu.