Ditanya Gibran soal SGIE, Cak Imin Menyerah

Momen cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertanya kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat cawapres/Rep
Momen cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertanya kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat cawapres/Rep

Momen tak terduga terjadi saat cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertanya kepada cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dalam debat cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat malam (22/12).


Pendamping Prabowo Subianto itu bertanya strategi Cak Imin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE. Menanggapi hal ini, Cak Imin terlihat bingung dan tidak mengerti pertanyaan Gibran.

"Terus terang saya nggak paham SGIE itu apa?" tanya Cak Imin.

"Ini waktu anda untuk memberikan jawaban waktunya 2 menit, kalau anda menggunakan untuk bertanya waktu akan habis," timpal moderator Alfito Deanova.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun tak masalah dengan aturan tersebut. Sebab Cak Imin tak mau asal menjawab pertanyaan yang dia tidak tahu.

"Tidak apa-apa. Saya tidak pernah mendengar SGIE," jawab Cak Imin polos.

Gibran lantas menjelaskan bahwa SGIE itu merupakan kepanjangan dari State of the Global Islamic Economy. Mendengar hal tersebut, Cak Imin pun baru memahami.

"Mohon maaf kalau pertanyaannya sulit ya Gus," jawab Cak Imin sambil terkekeh.

Cak Imin lantas menerangkan, sebagai negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia, membuka peluang besar pasar dan pariwisata syariah.

Sejumlah langkah penting yang harus segera diambil adalah memperbaiki regulasi agar tumbuh kembang industri halal termasuk meningkat.

"Nah posisi kita yang masih dibawah ini membutuhkan langkah-langkah penting agar yang disebut SGIE ini menaikkan peringkat kita," kata Cak Imin.