Jumlah Penumpang di Bandara Melonjak Dibanding Tahun Lalu, Pertanda Ekonomi Masyarakat Makin Membaik

Suasana di bandara/ net
Suasana di bandara/ net

Selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini, lebih dari 1 juta masyarakat Indonesia tercatat berbondong-bondong memadati Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten.


Berdasarkan data Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta telah melayani lebih kurang 1 juta penumpang pada masa libur Nataru kali ini. Angka tersebut terpantau naik 18 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun destinasi internasional paling diminati tahun ini adalah Singapura, Kuala Lumpur dan Jeddah, sedangkan destinasi domestik terbanyak yaitu kota Denpasar, Medan dan Surabaya.

Atas laporan tersebut, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku senang, karena produktivitas penerbangan meningkat. Menurutnya hal itu menandakan ekonomi masyarakat yang sudah membaik pasca pandemi Covid-19.

"Tadi saya lihat banyak anak-anak berlibur. Itu menunjukkan ekonomi masyarakat menjadi semakin baik," kata Budi Karya.

Kemenhub menyebut puncak arus mudik Natal telah terjadi pada 22 Desember 2023 dengan jumlah 184 ribu penumpang. Di samping itu, puncak arus mudik tahun baru diprediksi terjadi pada 29 Desember 2023 dengan total 180 ribu penumpang.

Sedangkan puncak arus balik diperkirakan akan jatuh pada tanggal 2 Januari 2024.