Ganjar Tidak Gentar Hadapi Prabowo dalam Debat Tema Pertahanan

Ganjar Pranowo/net
Ganjar Pranowo/net

Tema debat ketiga capres bertemakan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik digadang menjadi tema yang dikuasai Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto.


Pasalnya, Prabowo merupakan Menteri Pertahanan (Menhan) RI di Kabinet Jokowi-Ma’ruf. Prabowo juga memiliki latar belakang sebagai perwira tinggi TNI yang kenyang dengan asam garam pertahanan.

Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo merespons santai atas anggapan tersebut. Menurutnya, semua pihak boleh saja mengklaim paling menguasai materi debat capres.

“Politik, kampanye itu saatnya ngeklaim, jadi boleh semua ngeklaim,” kata Ganjar kepada wartawan seusai menghadiri acara “Sarasehan Nasional Pejuang-Pemikir Pemikir-Pejuang” yang diinisiasi oleh eksponen alumni dan aktivis GMNI di Gedung Serba Guna GBK, Senayan, Jakarta, pada Kamis (27/12).

Namun begitu, mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu menegaskan bahwa problematika yang dihadapi bangsa Indonesia di ranah pertahanan dan keamanan sangat kompleks.

“Tetapi problem bangsa ini sangat banyak, termasuk pertahanan dan keamanan,” ujar Ganjar.

Atas dasar itu, Ganjar menyebut semua pihak perlu menyaksikan langsung debat capres ketiga yang diadakan KPU RI pada Minggu 7 Januari 2024 mendatang.

“Saya kira seluruh klaim yang akan diberikan oleh masing-masing calon, sah-sah adanya. Tetapi kita tahu, dunia berubah pertahanan kita sampai hari ini kondisinya seperti ini, dan masing-masing angkatan rasa-rasanya perlu mendapat perhatian, dan tentu saja anda tunggu debatnya nanti,” demikian Ganjar.