Indonesia-Vietnam Sepakat Bangun Ekosistem Ekonomi Digital

Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam pada Jumat, 12 Januari 2023/Net
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong di Istana Kepresidenan, Hanoi, Vietnam pada Jumat, 12 Januari 2023/Net

Pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Vietnam Vo Van Thuong digelar di Presidential Palace, Hanoi pada Jumat (12/1). 


Keduanya membahas sejumlah isu penting. Khususnya di bidang ekonomi, Jokowi dan Thuong telah sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan.

Vietnam dan Indonesia tahun lalu berhasil mencapai target perdagangan senilai 10 miliar dolar AS atau Rp 155 triliun.

Menurut laporan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan itu, para pemimpin telah berkomitmen untuk bekerja sama dalam membangun ekosistem ekonomi digital.

"Kedua pemimpin negara juga sepakat untuk terus berkolaborasi membangun ekosistem ekonomi digital," kata Menlu dalam konferensi pers setelah kunjungan Jokowi ke Vietnam.

Menlu menambahkan, upaya mewujudkan ekonomi digital akan dikembangkan melalui keberadaan Perusahaan Unicorn Indonesia.

Selain itu, kata Menlu, Jokowi menyambut baik komitmen investasi Perusahaan Vietnam VinFast guna mendukung Pembangunan ekosistem Electric Vehicles.

Di bidang ketahanan pangan, Jokowi dan Thuong disebut telah setuju memperkuat rantai pasok guna mencegah krisis pangan.

Oleh sebab itu, mereka sepakat meningkatkan kerja sama suplai bahan pokok termasuk ekspor produk ikan Indonesia ke Vietnam.