Jumat Curhat, Jurnalis TV dan Polres Jombang Bertemu, Ada Apa?

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ada gagasan baru dalam diskusi Jumat Curhat yang digelar oleh Polres Jombang. Gagasan itu di ulas dalam pertemuan yang melibatkan beberapa jurnalis televisi yang tergabung dalam IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia).


Pertemuan itu menghasilkan sejumlah gagasan baru untuk kebutuhan produk jurnalistik. Jumat Curhat kali ini dipimpin Kasihumas Polres Jombang Iptu Putut Yuger Asmoro yang mewakili Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi.

Pertemuan yang digelar di ruang Jombang Comand Center (JCC) Polres Jombang, Iptu Putut Yuger menyampaikan terima kasih atas peran serta para jurnalis yang memberikan ide dan gagasan tentang peliputan televisi tersebut.

Pada kesempatan itu, para anggota IJTI Jombang diberikan kesempatan menyampaikan masukan, ide maupun gagasannya. Salah satunya wartawan/Jurnalis CNN Indonesia, Agung Wibowo menyampaikan soal kebutuhan akses konfirmasi berita ke Polres Jombang.

Menurutnya, kebutuhan peliputan jurnalis televisi berbeda dengan media mainstream lainnya. Sebab konten berita televisi membutuhkan konfirmasi langsung secara audio visual.

"Jadi misalkan ada peristiwa seperti pencurian itu, kita jurnalis televisi selalu kalah dengan media online lainnya yang cukup telepon sudah dapat berita. Kami mohon untuk pejabat Polres Jombang juga bisa melayani konfirmasi atau wawancara dari jurnalis televisi," ujar Agung, Jumat (26/01) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Hal itu langsung direspons Iptu Yuger. Ia menyampaikan, seluruh kebutuhan konten berita bisa langsung dikonfirmasikan ke Sihumas Polres Jombang. Tidak hanya itu, ia juga akan memberikan data dari Satuan Kerja Polres Jombang yang dibutuhkan oleh para jurnalis.

"Rekan-rekan jurnalis bisa lebih dulu hubungi humas kebutuhannya apa. Nanti saya mintakan data ke Para Kasat, terus bisa wawancara langsung dengan Kasihumas," kata Iptu Yuger.

Pertemuan pada siang itu juga menghasilkan ide dan gagasan baru. Yakni menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN) bersama.

Ada 2 kegiatan yang nantinya akan digelar oleh Polres Jombang berkolaborasi dengan insan pers di Jombang. Yaitu pelatihan kehumasan untuk Polsek jajaran dan olahraga bersama Polres Jombang dengan para jurnalis.

"Nanti kita kolaborasi menggelar pelatihan kehumasan, pematerinya dari rekan-rekan media. Kemudian kita gelar olahraga bersama di Mapolres Jombang untuk memperingati Hari Pers Nasional," terang Yuger.

Terpisah, Kapolres Jombang mengimbau masyarakat yang mengetahui adanya kejadian tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya bisa melaporkan ke Kepolisian terdekat atau melalui Call Center Polres Jombang.

"Masyarakat yang mengetahui adanya kejadian tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya serta pengaduan/keluhan tentang layanan Kepolisian bisa melaporkan melalui call center 110. Atau bisa menghubungi nomor call center Kandani 081323332022," pungkasnya.