Tekan Laju Inflasi, Pemkab Jombang Gelar Operasi Pasar Pangan Murah

Pj Bupati Jombang Sugiat saat operasi pasar pangan murah/RMOLJatim
Pj Bupati Jombang Sugiat saat operasi pasar pangan murah/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang Gerak Cepat (Gercep) atasi laju inflasi dengan gencar menggelar operasi pasar pangan murah di sejumlah pasar tradisional dan Launching Besut.Id


Dipimpin langsung Pj Bupati Jombang Sugiat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Jombang, Tim Satgas Pangan, Kepala Pimpinan Cabang Bulog Surabaya Selatan, Rusli, berada di halaman depan Pasar Pon yang ada di Kelurahan Kaliwungu, Kecamatan Jombang.

Selain memantau kelancaran Gerakan SIGAP SPHP (Siap Jaga Harga Pasar dengan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan)/operasi pasar, menggelar pangan murah juga melaunching Warung TPID yang diinisiasi oleh TIM TPID bernama Toko BESUT.ID (Bedhak Stabilisasi untuk Tekan Inflasi Daerah).

Bedak Besut.Id, berada diantara bedak lainnya menempati di bagian depan, dekat Kantor Pasar Pon. Operasi Pasar di Pasar Pon, telah disiapkan Beras SPHP sebanyak 2 ton dengan harga 10.200/kg, dan Minyakita pouch 120 liter harga Rp15.000.

"Kegiatan ini merupakan langkah konkrit dari TPID Kabupaten Jombang yakni menggelar Pasar Murah sekaligus Operasi Pasar dan membuka Warung TPID," kata Pj Bupati Sugiat, Minggu (25/02) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Sugiat menjelaskan dari Indeks Perkembangan Harga (IPH) di Jombang kemarin cukup tinggi yakni sekitar 2,9 dan salah satu komoditas yang penyumbang inflasi adalah beras, maka gerak cepat dan terus melakukan intervensi dengan menggelar operasi pasar beras SPHP.

"Dan kini Warung TPID yang diinisiasi oleh TIM TPID bernama Besut.id telah resmi beroperasi mulai melayani pembeli," imbuhnya.

Pihaknya menegaskan langkah konkrit ini bertujuan menekan inflasi di Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Seger, juga Bulog untuk menjual beras SPHP, juga kebutuhan lainya.

"Selain para pedagang, masyarakat nantinya juga bisa membeli langsung beras di Warung TPID Besut.Id dengan harga eceran Rp10.900 untuk beras SPHP," tambahnya.

Pj Bupati Jombang meminta kepada para pedagang untuk berkomitmen menjual harga beras SPHP sesuai HET yakni Rp10.900.

"Ini merupakan beras bantuan beras yang bersubsidi, saya harap dijual sesuai dengan kesepakatan, yakni Rp10.900," tegas Sugiat.

Meskipun sektor perdagangan di Perumda Aneka Usaha Seger masih tergolong baru berjalan pada akhir tahun 2022, tetapi harapannya dengan adanya SK penunjukan tersebut, perusahaan dapat berkontribusi besar dalam mengendalikan inflasi bahan pokok di Kabupaten Jombang.

"Selain itu, kami juga berharap Perumda Aneka Usaha Seger dapat terus berkontribusi meningkatkan kinerja dan profitnya supaya maslahat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya terus meningkat dari tahun ke tahun," katanya.

Untuk diketahui, saat ini Besut.Id memiliki 6 Bedhak yang tersebar di sejumlah pasar tradisional yakni Pasar Peterongan, Pasar Ngoro, Pasar Blimbing, Pasar Bareng, Pasar Sumobito dan Pasar Pon.