Pantai Cemara Diterjang Banjir Rob Dampak Cuaca Ekstrim Laut Selatan Jember, Puluhan Warung Rusak

Anggota Satpolairud Puger Polres Jember saat membantu warga terdampak banjir rob/Ist
Anggota Satpolairud Puger Polres Jember saat membantu warga terdampak banjir rob/Ist

Cuaca ekstrim yang memicu gelombang tinggi di laut selatan Jember, menyebabkan banjir rob di tempat wisata pantai Cemara di Dusun Kalimalang, Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger.


Tingginya gelombang tersebut memicu tingginya ombak sehingga air naik setinggi sekitar 1 meter menerjang warung yang berada di daerah wisata tersebut.

"Banjir rob melanda tempat wisata pantai Cemara sekitar pukul 12.00 WIB, pada Kamis (14/3) kemarin," kata KBO Satpolairud Kepolisian Resort Jember, Aiptu Agus Riyanto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (15/3). 

Dia menjelaskan lokasi bencana tersebut memang sudah menjadi langganan banjir air rob setiap terjadi cuaca ekstrim.

Ada puluhan warung yang terdampak, seperti mengalami kerusakan akibat terpaan ombak, karena ketinggian air kisaran 1 meter pada siang hari.

Jarak warung terdampak dari bibir pantai kurang lebih 25  meter. Sedangkan jarak dengan pemukiman warga kurang lebih 35 meter.

"Kami menghimbau para nelayan untuk sementara waktu tidak melaut. Demikian juga para pengunjung wisata untuk tidak datang dulu ke tempat tersebut," katanya.

Kepala BPBD Jember Widodo Julianto menjelaskan, hingga Jumat siang, anggota BPBD bersama satpolairud Puger dan relawan BPBD tengah berada di lapangan untuk melakukan assessment. 

"Kami menghimbau masyarakat di sepanjang pantai selatan Jember, untuk terus waspada. Sebab, sesuai Prakiraan BMKG, beberapa hari kedepan masih terjadi cuaca ekstrim," katanya saat dikonfirmasi.

Widodo meminta masyarakat segera melaporkan ke BPBD Jember, jika ada kejadian darurat di wilayahnya. 

Hingga saat ini, kata dia, tidak ada korban jiwa atau terluka dalam peristiwa itu.

Sebelumnya, Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini tentang cuaca ekstrim di perairan selatan Jember. Cuaca ekstrim juga memicu angin kencang, gelombang tinggi serta banjir rob.