PPJI Berbagi Berkah Ramadan di Ponpes Kota Alif Laam Miim

Santriwati Ponpes Kota Alif Laam Miim/RMOLJatim
Santriwati Ponpes Kota Alif Laam Miim/RMOLJatim

Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Berbagi Berkah Ramadan Serta Edukasi Menu Gizi Seimbang di Pesantren dan Panti Asuhan di Seluruh Indonesia. 


Kegiatan tersebut digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Kota Alif Laam Miim di Jl Kebonsari Baru Selatan No.1 Surabaya, Jumat (22/3).

Meski sempat terhenti karena adanya gempa susulan yang cukup lama, namun kegiatan yang bersamaan dengan buka puasa bersama santri di Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim, Surabaya tetap berjalan.

"Ada sekitar 250-an santri-santriwati Pondok Pesantren Alif Laam Miim bersama DPD PPJI Jawa Timur mengajak berbuka bersama, juga memberikan partisipasi untuk edukasi, penyediaan makanan dengan gizi yang seimbang," kata Ketua Panitia, Pawitra Rama dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (23/3).

Dalam kegiatan ini, pimpinan Pondok Ida Rohmah dan juga para santri-santriwati, menyambut baik acara yang diadakan oleh DPD PPJI, terlebih lagi bertepatan dengan Bulan Ramadhan.

"Awalnya tergerak karena momennya bulan ramadhan, kemudian untuk lebih meningkatkan lagi silaturahmi antara sesama pengurus dan anggota PPJI, juga dengan menjalankan instruksi dari DPP PPJI, bahwasanya dalam bulan Ramadhan selain kita membuat acara untuk baksos dan pemberian donasi, namun ada juga ilmu lebih dari pemberian menu sehat dengan gizi yang seimbang," terangnya.

Tak hanya itu, PPJI juga mendatangkan ahli gizi di acara ini, sehingga asupan gizi para santri bisa tercukupi.

"Jadi di pondok ini setiap harinya bisa memasak 260 porsi, cuma di dalam ada ahli gizi kami yang bisa menghitung gizi yang diperlukan," ucapnya.

"Intinya dari ahli gizi kami, menyempurnakan kebutuhan dari para santri, dan memperbaiki asupan gizi dari pihak pondok," imbuh Prawitra.

Meski begitu, Prawitra mengatakan jika kebutuhan gizi santri 1 dengan lainnya berbeda, namun untuk kebutuhan gizi dari aktivitas para santri bisa dibutuhkan.

"Paling tidak untuk kebutuhan hariannya para santri relatif, karena mayoritas hidup di Pondok biasanya asupan karbohidrat yang terpenuhi, tapi juga asupan gizi juga," ungkapnya.

Tak hanya mengajak para santri buka bersama, PPJI juga memberikan edukasi bagaimana cara menata nasi kotak agar terlihat rapi dan menggoda untuk disantap. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum DPP PPJI Iden Gobel beserta jajaran pengurus DPP PPJI, Ketua Umum DPD PPJI Jawa Timur, Isnawan Budi Prasetyo beserta jajaran Pengurus  DPD PPJI Jawa Timur.