Festival Patrol dan Kundaran Semarakkan Ramadan di Banyuwangi

Festival Patrol dan Kundaran yang masuk kalender Banyuwangi Festival 2024/Humas Pemkab Bwi
Festival Patrol dan Kundaran yang masuk kalender Banyuwangi Festival 2024/Humas Pemkab Bwi

Festival Patrol dan Kundaran semarakkan malam Ramadan di Banyuwangi. Keduanya merupakan tradisi khas masyarakat Bumi Blambangan pada malam-malam di bulan puasa.


"Tradisi Patrol telah lama menjadi bagian dari kekayaan budaya Banyuwangi. Melalui festival ini, kami berharap festival ini dapat memperkuat identitas lokal kita di tengah arus globalisasi,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani membuka Festival Budaya Ramadan Patrol & Kundaran di Stadion Diponegoro, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (26/3).

Patrol merupakan seni memainkan alat musik dari bambu. Musik ini biasanya dimainkan untuk membangunkan warga guna makan sahur pada dini hari bulan Ramadan. Seiring waktu, tradisi ini menjadi pertunjukan yang senantiasa dinanti setiap bulan puasa. 

Tak ayal banyak warga yang ingin menyaksikan Festival Patrol dan Kundaran tersebut. Walaupun diguyur hujan, tak menyurutkan antusiasme warga untuk menyaksikannya di sepanjang rute patrol yang diawali dari depan Stadion Diponegoro hingga ke Taman Blambangan itu. 

Hal ini, menurut Ipuk, menjadi bukti masyarakat Banyuwangi bersemangat dalam melestarikan dan mengembangkan budaya lokal khususnya Patrol dan Kundaran.

"Semangat ini menjadi bukti masyarakat Banyuwangi terus mempertahankan dan mempromosikan warisan budaya lokal," puji Ipuk.

Festival Budaya Ramadan melibatkan peserta dari 25 kecamatan. Setiap kecamatan mengirimkan video patrol dan kundaran sebagai bagian dari proses seleksi. Sementara lima tim terbaik berkompetisi di babak final. 

Plt Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi, Taufiq Rahman, menambahkan kriteria penilaian patrol dan kundaran meliputi teknik atraksi, harmonisasi, penatar terbaik, tata busana terbaik, dan vokal terbaik.

"Sementara untuk patrol penilaian juga didapatkan dari pawai yang dilakukan setelah penampilan," ujar Taufiq.

Dengan total 20 anggota dalam setiap kelompok kundaran dan 15 anggota dalam kelompok Patrol, lanjut Taufiq, festival ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga perayaan.

"Festival ini diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk terus melestarikan dan mengembangkan budaya Patrol dan Kundaran sebagai bagian dari identitas Banyuwangi yang unik dan kaya," pungkasnya.[ADV]