Pemkot Mojokerto Siagakan Layanan Kesehatan pada Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2024

Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro/ist
Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro/ist

Memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat selama libur nasional dan cuti bersama dalam memperingati Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, bentuk komitmen Pemerintah Kota Mojokerto.


"Kesahatan termasuk layanan dasar bagi masyarakat. Meski tanggal merah, kami berupaya akses kesehatan tetap siaga," ujar Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (26/3).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan P2KB Kota Mojokerto, dr Farida Mariana mengatakan pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), termasuk Puskesmas se-Kota Mojokerto akan tetap buka di hari libur maupun cuti bersama dalam menyambut hari raya idul fitri .

"Pelayanan di gedung pada hari libur dan cuti bersama 8-15 April 2024 berlangsung pukul 08.00-12.00 WIB. Di luar jam itu akan dikoordinasikan dengan PSC 119," paparnya.

Sedangkan apabila ada kasus kegawatdaruratan baik medik ataupun kecelakaan, maka PSC siap melakukan respon cepat tanggap selama 24 jam. Pasien kegawatdaruratan nantinya akan dirujuk ke rumah sakit, yang disiagakan 24 jam.

"RS menerima rujukan dari Puskesmas, Pos Kesehatan Terpadu, PSC dan PMI. Selama periode tersebut, RS harus menugaskan dokter jaga onsite dan oncall," tambah dr Farida.

Apabila pada jadwal dokter jaga, tidak ada dokter spesialis, terutama Dokter Spesialis Obstetri dan Gynecology, Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Bedah dan Dokter Spesialis Anastesi, maka diharapkan mencantumkan rumah sakit rujukan lainnya.

Selain tetap menyiapsiagakan puskesmas, rumah sakit, PSC dan PMI, Pemkot Mojokerto melalui Dinkes P2KB juga mendirikan Pos Kesehatan Terpadu di sejumlah titik. Rencananya, di area sekitar stasiun, terminal, Sekar Putih, Alun-alun, dan Sunrise Mall.

Masing-masing Poskes (Pos Kesehatan) nantinya akan ditugaskan tim kesehatan secara terjadwal dengan disiapkan ambulans lengkap dengan alat kesehatan dan obat-obatan emergency. 

"Untuk lokasi Poskes kami berkoordinasi dengan Polresta. Ini bentuk kesiapsiagaan kami menghadapi musim mudik, agar masyarakat semua aman, nyaman, dan senantiasa dalam kondisi prima," jelas dr Farida. [ADV]