Hari Terakhir Pelunasan Tahap 2, 351 Jamaah Calon Haji Jember Belum Lunasi Bipih

Kepala Kantor Kemenag Jember Dr Sruji Bahtiar didampingi Kasi PHU Nur Sholeh saat sosialisasi pelunasan tahap II/RMOLJatim
Kepala Kantor Kemenag Jember Dr Sruji Bahtiar didampingi Kasi PHU Nur Sholeh saat sosialisasi pelunasan tahap II/RMOLJatim

Hingga hari terakhir pelunasan tahap dua, pada Senin (26/3/2024) kemarin, tercatat sebanyak 2.757 jamaah calon haji sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 2024.


Jumlah tersebut sudah 85 persen dari total 3.108 jamaah yang berhak melunasi. Mereka terdiri dari jamaah kuota berangkat tahun 2024 ini dan jamaah calon haji cadangan.

Namun, masih ada ratusan jamaah calon haji yang masuk kuota berangkat tahun 2024 ini yang belum melunasi biaya haji. 

"Masih ada selisih ratusan, yakni 351 jamaah yang masuk kuota berangkat dan cadangan yang belum bisa melunasi," kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kemenag Jember, Nur Sholeh, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (27/3).

Diketahui, pemerintah memperpanjang masa pelunasan BPIH dengan pelunasan tahap II, mulai 13-26 Maret 2024. Perpanjangan pelunasan jni diperuntukkan bagi empat kategori, yakni jemaah yang belum melakukan pelunasan biaya haji pada tahap I karena mengalami gagal sistem, pendamping jemaah haji lanjut usia, jemaah haji penggabungan suami/istri dan anak kandung/orang tua yang terpisah, dan untuk pendamping jemaah haji penyandang disabilitas.

Nur Sholeh mengatakan pihaknya sudah mengajukan usulan melalui surat resmi ke Dirjen PHU Kemenag pusat supaya masa pelunasan diperpanjang hingga tahap 3. Hingga saat ini phaknya masih menunggu jawaban.

"Pelunasan tahap III ini diperuntukkan bagi jamaah yang gagal sistem dalam pelunasan tahap dua serta jamaah yang masih terkendala pemeriksaan istitho'ah kesehatan yang menjadi syarat pelunasan BPIH," katanya.

Nur Sholeh jmenghimbau jamaah yang sudah melunasi untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat serta rutin berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Sebab, pelaksanaan ibadah haji mayoritas bersifat fisik.

Sementara untuk jamaah cadangan, ia meminta untuk tetap bersabar menunggu kepastian berangkat dari Kemenag. Sebab, jamaah cadangan meski juga termasuk berhak melunasi, namun belum bisa dipastikan berangkat tahun ini, karena masih menunggu sisa jamaah yang masuk berangkat tahun ini yang belum melunasi atau mengajukan tunda berangkat.

Sebelumnya, jamaah calon haji Kabupaten Jember yang masuk kuota pada musim haji tahun 2024 sebanyak 2.505 jamaah. Selain itu juga mendapatkan alokasi kuota cadangan sebanyak 602 jamaah. Dengan demikian, jamaah yang berhak melunasi sebanyak 3.108 orang.