Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang Hadapi Lonjakan Mudik Lebaran 2024

Terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3/Ist
Terminal penumpang di wilayah kerja Pelindo Regional 3/Ist

Pelindo Regional 3 menyiapkan 20 terminal penumpang guna melayani lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini.


"Kami berkoordinasi dengan  pemangku kepentingan agar arus mudik Lebaran 2024 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar,” kata Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3, Karlinda Sari melalui keterangan resmi, Senin (1/4).

Sejumlah terminal yang disiapkan  seperti Tanjung Perak, Kumai, Batulicin, Sampit, Tenau Kupang hingga Tanjung Emas Semarang.

Karena itu menurut Karlinda, pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas keamanan dan kenyamanan hingga kesehatan bagi pemudik di setiap terminal penumpang.

Fasilitas penumpang tersebut diantaranya ruang tunggu bagi calon penumpang, Posko Mudik Lebarab, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan cctv guna memastikan keamanan bagi calon pemudik.

Karlinda mengatakan, arus mudik tahun ini diprediksi akan mengalami lonjakan dibanding tahun sebelumnya. Diprediksi angka penumpang pada mudik lebaran tahun ini mencapai 713.449 Orang atau naik 15 % dari arus mudik 2023 yang mencapai 620.291 arus penumpang embarkasi maupun dembarkasi.

Potensi peningkatan jumlah pemudik via jalur laut, lanjutnya,  terjadi pasca ditambahkannya hari libur Lebaran dan cuti bersama oleh pemerintah.