Resmi- Pertemuan Trump Dan Kim Jong Un Batal

RMOLBanten. Pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea Kim Jong Un resmi batal.


Di sisi lain, AS dan Korea Selatan juga tetap menggelar latihan militer di perbatasan kedua Korea yang dipandang sebagai ancaman terhadap Korea Utara.

Sementara Donald Trump beberapa saat lalu, Kamis malam waktu Indonesia (24/5) mengirimkan sepucuk surat kepada Kim Jong Un yang isinya secara resmi membatalkan pertemuan.

Di dalam surat itu justru Trump yang mengatakan bahwa pembatalan itu karena sikap kasar Korea Utara yang disampaikan secara terbuka.

"Saya sebetulnya menunggu pertemuan dengan Anda. Sayangnya, berdasarkan kemarahan besar dan pernyataan bermusuhan terbuka yang Anda sampaikan belakangan ini, saya rasa tidak tepat rasanya, saat ini, untuk menggelar pertemuan yang sudah lama direncanakan," tulis Trump.

Suratnya beredar luas di dunia maya dan menjadi berita sela di berbagai media AS.

"Karena itu, biarlah surat menyatakan bahwa pertemuan Singapura, untuk kebaikan kedua pihak dan dunia tidak akan terjadi," demikian Trump. [dzk]