Sederet Langkah Risma Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Kota Pahlawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah mengambil sejumlah langkah pencegahan. Berbagai langkah tersebut bertujuan untuk membentengi warga di berbagai lapisan masyarakat yang ada di Surabaya.


Caranya yakni dengan membuat edaran kepada RT RW, pengusaha mall hingga perkantoran agar waspada terhadap penyebaran virus corona. Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi ke apartemen dan pertokoan.

"Kemudian yang ketiga, petugas-petugas kita terutama yang berdekatan dengan kawasan-kawasan yang kemungkinan terjangkit itu sudah kita fasilitasi hanspone juga alat disinfectant terus kemudian masker dan sebagainya. Jadi itu yang sudah kita lakukan," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikutip Kantor Berita RMOlJatim, Jum'at (31/1).

Selain langkah tersebut, kata Risma, Pemkot Surabaya juga menyediakan baju khusus untuk petugas agar tidak terinfeksi. Salah satunya petugas yang merawat pasien TBC.

"Sekarang ini mereka pakai baju khusus dan pakai handscoon dan masker. Ini bukan apa-apa, tapi supaya tidak terjadi, kami wajib berusaha," terangnya.

Sedangkan untuk kesiapan jika ada pasien suspect Virus Corona, pemprov Jatim sudah disiapkan dua rumah sakit. Bahkan, Wali Kota Risma sudah mempersiapkan khusus.

"Iya kita ada persiapan khusus untuk sterilisasi. Cuma kan kita lebih baik mencegah. Kemarin sudah dicek Dinas Kesehatan di pelabuhan, bandara, sudah lengkap peralatan untuk deteksi dini. Yang di lapangan juga kita sosialisasi terus," pungkasnya.

Bahkan, setiap hari, petugas di Dinas Kesehatan, BPB Linmas, bersama pihak kecamatan dan kelurahan menyasar perkantoran dan apartemen. Mereka rutin melakukan sosialisasi antisipasi penyebaran virus corona.