Babinkamtibmas Dibekali Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Sebanyak 30 anggota Babinkamtibmas dan Babinsa yang ada di desa mendapat pembekalan tata cara pemulasaran jenazah,penderita covid -19. Kegiatan yang bersifat edukasi ini digagas Polres Kediri Kota bersinergi dengan Rumah Sakit Bhayangkara Kediri.Pelatihan dilaksanakan diruang aula Polres Kediri Kota Senin, (13/7).


Tidak hanya melibatkan petugas babinkamtibmas dan Babinsa, kegiatan ini juga diikuti 30 relawan kampung tangguh. Teknisnya , pembekalan pelatihan diberikan oleh tenaga medis Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. Peserta diberikan pelatihan bagaimana tata cara memakai Alat pelindung diri yang benar, kemudian menangani jenazah penderita covid -19.

Teknisnya sebagai pengganti jenazah, petugas medis menggantinya dengan boneka mirip manusia. Usai mengikuti kegiatan tersebut Kapolres Kediri Kota AKBP Miko Indrayana menjelaskan jika pihaknya mengadakan pelatihan ini dengan maksud agar anggota babinkamtibmas yang ada didesa wilayahnya masing masing dapat mengetahui tata cara pemulasaran jenazah.

"Diharapkan relawan yang ada , baik babinkamtibmas mau pun Babinsa yang ada di masing masing desa memiliki kemampuan untuk pemulasaran jenazah," kata Kapolres Kediri Kota.

Disamping itu, kegiatan ini sekaligus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dimana nantinya diharapkan tidak ada penolakan jenazah yang akan dimakamkan mau pun pengambilan paksa terhadap jenazah di Rumah Sakit.

"Sampai saat ini belum ada di wilayah Hukum Polresta Kediri. Edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat terus kita gencarkan. Diharapkan masyarakat mengerti," harapnya.

Dengan adanya pembekalan ini, dimungkinkan nantinya bisa membantu kinerja dari tim gugus tugas covid 19 baik ditingkat wilayah Kota mau pun Kabupaten Kediri.

"Apa yang kita lakukan ini dapat membantu tugas gugus tugas baik ditingkat wilayah Kota mau pun Kabupaten . Apa yang kami lakukan bersinergi dengan rekan rekan gugus tugas yang ada," tuturnya.