Polres Kediri Ungkap Pembunuhan Sopir Taksi Online

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Pelaku pembunuhan Moh Kholis warga Pandaan, Pasuruan yang jenazahnya ditemukan di parit tepi Jalan Raya Desa Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri tertangkap. Moh Kholis merupakan driver online yang saat itu menerima orderan dari pelaku.


Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, S.I.K, mengatakan, pelaku bernama Himawan warga Plosorejo, Pasuruan.

Penangkapan Himawan berawal dari hasil olah TKP yang dilakukan Satreskrim Polres Kediri Jumat pagi 29 Januari kemarin. 

"kami berhasil mengungkap dugaan pembunuhan yang terjadi diwilayah Purwoasri Kediri, yang korbannya adalah seorang pengemudi taxi Online. Pelaku Himawan, berhasil kami tangkap saat berada di rumahnya di Pasuruan," Kata Lukman Kepada Kantor Berita RMOL Jatim, Minggu (31/01). 

Petugas mengecek melalui aplikasi penyedia layanan jasa angkutan taxi online, untuk mengetahui  siapa yang order terakhir kalinya. Dari hasil pengecekan, diketahui nama Himawan yang order dari Pasuruan dengan tujuan Kediri.

"Kami melakukan penyelidikan dan pengecekan melalui aplikasi penyedia jasa Online. Sehingga muncul nama terakhir Himawan yang order terakhir kali", ungkap Kapolres. 

Selanjutnya  polisi berhasil mengamankan Himawan saat berada dirumahnya. Petugas juga mengamankan mobil Daihatsu Sigra bernomor polisi W 1369 QG dan sejumlah uang milik Cholis 

Lukman menambahkan, dalam pemeriksaan,  Himawan mengaku sudah merencanakan pembunuhan ini, dengan tujuan menguasai mobil dan uang milik Cholis. Awalnya Himawan order taxi online dari Pasuruan untuk diantarkan menuju Kediri. 

"Dari hasil pemeriksaan, memang pelaku ini sudah merencanakan pembunuhan. Motif daripada pelaku, yakni ingin menguasai mobil, dan uang milik korban, karena pelaku memang membutuhkan uang", tutupnya. 

Setelah sampai di Purwoasri Cholis ditusuk menggunakan pisau yang sudah disiapkan Himawan. Setelah Cholis dipastikan meninggal, jenazah dibuang di parit pinggir jalan. 

Himawan kemudian melarikan diri dengan membawa mobil dan uang milik Cholis. Menurut pengakuan Himawan, dia tega menghabisi nyawa Cholis karena terlilit hutang. Himawan berhasil diamankan Sabtu pagi 30 Januari 2021, di rumahnya. Selanjutnya Himawan diamankan di Polres Kediri untuk proses hukum lebih lanjut.

Informasi sebelumnya Sesosok jenazah laki-laki ditemukan di parit tepi jalan Raya Desa Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Kamis 28 Januari sekitar jam 14.00 WIB. Korban yang diketahui bernama Moh. Kholis asal Pandaan, Pasuruan itu diduga korban pembunuhan.