Lagi-lagi Porkab Kabupaten Probolinggo Ditunda, Ada Apa?

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Pekan Olaraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo tahun 2021 harus ditunda kembali untuk kedua kalinya. Pasalnya saat ini sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) RI Nomor 53 Tahun 2021 yang berlaku mulai 19 Oktober hingga 1 Nopember 2021, Kabupaten Probolinggo masuk pada level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).


Penundaan Porkab 2021 ini dilakukan setelah Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko dan Kepala Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Probolinggo melakukan koordinasi bersama Kapolres Probolinggo AKBP Arsya Teuku Khadafi, Selasa (19/10/2021) sore.

Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Sugeng Wiyanto mengatakan karena Kabupaten Probolinggo masuk level 3 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021, maka pelaksanaan Porkab 2021 ditunda. 

“Untuk pelaksanaan Porkab 2021 menunggu sampai Kabupaten Probolinggo masuk dalam level 2. Itu hasil koordinasi kami dengan Bapak Kapolres Probolinggo,” katanya, seperti dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Sementara Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengungkapkan persiapan Porkab 2021 yang dilakukan oleh KONI bersama cabang olahraga (cabor) sudah matang dan final. Tetapi karena masuk level 3, maka Porkab 2021 kembali harus ditunda untuk yang kedua kalinya.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat capaian vaksinasi Covid-19 Kabupaten Probolinggo bisa meningkat dan Kabupaten Probolinggo masuk level 2 agar Porkab 2021 bisa digelar,” ungkapnya.

Sehingga, pihaknya pasrah atas penundaan Porkab yang sudah menyiapkan segala persiapan untuk suksesnya Porkab ini.

“Mau bagaimana lagi karena ini merupakan program dari pemerintah. Jadi kami pengurus KONI selaku penyelenggara Porkab 2021 harus patuh kepada aturan tersebut. Insya Allah dalam tahun ini sudah bisa dilaksanakan jika masuk level 2. Pemerintah perlu disupport karena jumlah vaksinasi kita masih belum maksimal agar bisa masuk ke level 2,” jelasnya.

Sugeng memberikan apresiasi terhadap upaya maksimal dan kerja keras serta semangat luar biasa yang sudah dilakukan oleh seluruh pihak mulai dari jajaran KONI, pengurus cabang olahraga maupun atlit yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kami menghimbau kepada seluruh cabang olahraga dan atlit yang ada di Kabupaten Probolinggo agar tetap semangat berlatih karena kalau kita tidak berlatih tentu akan sulit untuk meraih prestasi. Tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat dan terus mendukung program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah,” pungkasnya.