Hadiri Event Ngopi Bareng, Bupati Hendy: Jember Gudangnya Kopi Berkualitas

Bupati Hendy Siswanto saat menghadiri event ngopi bareng/RMOLJatim
Bupati Hendy Siswanto saat menghadiri event ngopi bareng/RMOLJatim

Bupati Jember, Hendy Siswanto didampingi sejumlah Kepala dan Staf OPD Pemkab Jember menghadiri event Ngopi Bareng di Gedung Serbaguna Kaliwates, Kabupaten Jember, Kamis (9/12).


Event ngopi bareng ini merupakan tindak lanjut dari acara Holistic Coffe Expo (HCE) yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) didukung oleh Puslit Kopi dan Kakao Indonesia dan Bank Indonesia. 

"Kegiatan ini sebagai pameran expo IKM  olahan kopi dari hulu ke hilir. Tujuan dari kegiatan ini untuk menggerakkan ekonomi masyarakat khusus di bidang kopi," ujar Plt. Disperindag Pemkab Jember, Widodo Julianto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, saat memberikan sambutan.

Dia berharap ada sinergi lebih antara Pemkab Jember, Puslitkoka, Bank Indonesia dan penggiat kopi di Jember,  agar mereka bisa bekerja sama lebih untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Jember. 

Sedangkan Bupati Jember, Hendy Siswanto menyatakan komitmennya untuk memfasilitasi semua pihak mulai dari petani, pengelola hingga penggiat kopi agar kopi Jember makin terkenal hingga kancah Internasional. Menurutnya, perlu ada kegiatan konkret dan berkelanjutan contohnya kegiatan ngopi bareng ini. 

"Karena dengan adanya kegiatan seperti ini, kita dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman," katanya.

Event ngopi ini, masih Bupati Hendy, diharapkan terus diadakan sehingga bisa terjalin silaturahmi yang menciptakan relasi yang kuat.

"Jember mempunyai puluhan merek kopi dengan kualitas yang telah diakui. Untuk itu, kegiatan seperti ini harus terus digelar sekaligus mempromosikan komoditas perkebunan kopi," ujarnya.

Menurut Bupati Hendy, ngopi bareng tidak hanya sekadar seremonial, kemudian acaranya selesai. Namun bagaimana acara ini ditindaklanjuti kepada petaninya, kepada baristanya, supaya sektor kopi di Jember benar-benar terangkat.

"Kami menyeriusi kopi ini karena kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Jember," pungkasnya.

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, panitia menyediakan kopi gratis serta bisa melihat aneka merek kopi asli Jember yang dipamerkan di 30 stand dalam aula besar tersebut.