Bupati Hendy Lepas 120 Seniman Jember Tampil di TMII Jakarta

Bupati Hendy Siswanto saat melepas rombongan seniman Jember/RMOLJatim
Bupati Hendy Siswanto saat melepas rombongan seniman Jember/RMOLJatim

Bupati Hendy Siswanto melepas 120 seniman dan kru untuk menampilkan seni budaya Jember di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Kesempatan ini, menjadi peluang emas bagi seniman dan Pemkab Jember untuk mempromosikan seni budaya daerah dan produk unggulan di kancah nasional.


"Hari ini, kami memberangkatkan para seniman, yang menjadi duta Kabupaten Jember, untuk tampil di TMII Jakarta," kata  Bupati Hendy, dikutip  Kantor Berita RMOLJatim saat melepas keberangkatan rombongan perwakilan seniman di Pendopo Wahya Wibawagraha Jember, Jum'at sore (10/12).

Dijelaskan Bupati Hendy ada berbagai macam pelaku kesenian yang akan diberangkatkan, mulai dari pelaku seni tari, seni budaya, seni musik tradisional maupun modern, dan yang lainnya. Pagelaran itu akan ditampilkan  pada hari Minggu, 12 Desember 2021. 

"Kami akan mengundang seluruh warga Jember yang ada di Jakarta untuk menghadiri penampilan itu. Musik Linkrafin, yang menjadi juara umum di Jakarta beberapa bulan lalu juga akan ditampilkan," ujarnya.

Bupati menegaskan, kesempatan tersebut juga akan menjadi ajang mempromosikan Bandara Notohadinegoro Jember, termasuk menjelaskan data jumlah wisatawan yang datang dari Jakarta ke Jember maupun dari Jember ke Jakarta untuk setiap tahunnya.

"Data ini nantinya yang akan kami promosikan ke maskapai, sehingga bisa dibuka rute penerbangan Jember-jakarta," katanya. 

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Debora Kresnowati melaporkan bahwa kegiatan penampilan kesenian di TMII merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan secara rutin. Dan Kebetulan Jember mendapatkan jatah untuk menampilkan seni budayanya di akhir tahun ini. 

"Termasuk ditahun 2022 nanti, Jember mendapatkan jadwal tampil 7 Desember," katanya.

Dia menjelaskan, rombongan yang diberangkatkan kali ini sebanyak 120 orang, terdiri dari 90 orang seniman dan 30 kru, beserta teman-teman pariwisata yang menjadi supporternya. 

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, usai prosesi pelepasan di depan pendopo Wahya Wibawagraha, rombongan langsung naik 3 bus dan langsung berangkat ke Jakarta.