Cak Imin Usul Angka Ideal Preshold Cukup 10 Persen

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/RMOL
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar/RMOL

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk dilakukan perubahan pada ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold yang kini berlaku 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara hasil pemilu terakhir.


Tetapi, dikatakan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar, perubahan presidential threshold tidak sampai nol persen alias tetap ada ambang batas yang harus diterapkan.

Angka ideal yang diusulkan politisi yang karib disapa Cak Imin ini, presidential threshold bisa ditetapkan palinh tinggi 10 persen.

“(PT 20 persen) masih belum cita-cita kita, cita-cita kita 5-10 persen. Supaya lebih memberi ruang ekspresi dan kompetisi, semua punya hak yang sama,” ujar Cak Imin di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/12).

Menurut Wakil Ketua DPR RI ini, angka nol persen memang bagus. Tetapi, ambang batas tetap dibutuhkan karena perolehan suara serta elektoral masing-masing partai berbeda-beda.

“Idealnya kan 0 persen, tapi kan nggak lucu lah ya. Ya harus ada pembatasan lah," pungkasnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.