Pemkab Jember Mulai Geber Vaksin Booster dan Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun

Kepala Diskominfo Pemkab Jember, Bobby Arie Sandy, saat jumpa pers/Ist
Kepala Diskominfo Pemkab Jember, Bobby Arie Sandy, saat jumpa pers/Ist

Pasca pencanangan vaksinasi lanjutan (booster) dan vaksin anak usia 6-11 tahun oleh Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, sejumlah sekolah dasar di Kabupaten Jember, mulai menggelar vaksin untuk anak, Senin (31/1) pagi. Sekolah Dasar Negeri yang menggelar vaksin bagi siswanya diantaranya SDN Kebonagung 01.


"Vaksinasi di SDN Kebonagung 01 adalah vaksinasi pertama kali untuk anak usia 6-11 tahun di wilayah Kecamatan Kaliwates," ujar Camat Kaliwates, Nurul Hafid Yasin, usai menyaksikan vaksinasi  siswa SDN Kebonagung 01.

"Hanya anak kelas satu sampai kelas lima SD saja yang ikut vaksin. Sedangkan anak kelas enam sudah mengikuti vaksinasi usia dewasa," sambungnya. 

Dijelaskan Hafid Yasin, pihak sekolah menargetkan 184 siswa bisa  divaksin. Tetapi hanya 84 siswa saja yang bisa divaksin. Sebab, hanya sebanyak 84 siswa, yang  menyerahkan surat pernyataan.

"Vaksinator hanya menyuntik siswa yang membawa surat pernyataan saja," ucap dia. 

Hafid berharap bagi siswa SDN Kebonagung 01 yang belum ikut bisa mengikuti di tahap berikutnya yaitu di SDN Kebonagung 02.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Hj. Lilik Lailiyah, vaksinator membutuhkan surat keterangan surat dari orang tua atau wali anak tersebut. Sebab, kalau berfikir untuk terciptanya herd Immunity, surat itu tidak mutlak. 

"Namun karena yang divaksin masih usia anak-anak dan masih dalam tanggung jawab orang tuanya, maka surat itu dibutuhkan," ujar mantan kepala Puskesmas Mayang ini. 

Sementara Pemkab Jember mulai menggeber pelaksanaan vaksinasi untuk booster dan vaksin anak usia 6-11 tahun. 

"Jadwal vaksin sudah disebar melalui selebaran dan media sosial. Masyarakat bisa datang langsung ke faskes di kecamatan atau desa terdekat, pada jam kerja," kata Kepala Dinas Kominfo Pemkab Jember, Bobby Arie Sandy. 

Sebelumnya, Pemkab Jember, melakukan pencanangan vaksinasi booster vaksin dosis 3 dan anak-anak usia 6 - 11 tahun. Pencanangan dihadiri Wakil Bupati, KH Muhammad Balya Firjaun Barlaman, Plt Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Jember, dr. Hj. Lilik Lailiyah, para lansia dan siswa SD, Jum’at (28/1). Saat ini cakupan vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Jember sudah melampaui target minimal 70 persen.