11 Hari Serangan Rusia, 1,5 Juta Orang Tinggalkan Ukraina

 Pengungsi Ukraina/Net
Pengungsi Ukraina/Net

Setelah 11 hari sejak Rusia memulai serangan invasi terhadap Ukraina, sebanyak 1,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina.


Data tersebut terhitung pada Minggu (6/4), seperti dikutip Reuters. Serangan Rusia membuat warga Ukraina berbondong-bondong mencari perlindungan ke Polandia, Rumania,

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Sabtu malam (5/2), Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy meminta orang-orang di daerah yang diduduki oleh pasukan Rusia untuk melakukan ofensif dan berperang.

"Kita harus pergi keluar dan mengusir kejahatan ini dari kota-kota kita. Keyakinan saya dalam hal ini diperkuat oleh energi perlawanan kami, protes kami," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya menegaskan bahwa dia menginginkan Ukraina netral yang telah "dimiliterisasi" dan "didenazifikasi".

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, setelah bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di perbatasan Ukraina-Polandia, mengatakan dia mengharapkan sanksi dan senjata baru untuk Ukraina dalam beberapa hari mendatang. 


ikuti update rmoljatim di google news