Calon Jemaah Haji Bondowoso Akan Diberangkatkan, Bupati Minta Jaga Kesehatan

Bupati Salwa saat beri pembekalan CJH Bondowoso/RMOLJatim
Bupati Salwa saat beri pembekalan CJH Bondowoso/RMOLJatim

Calon jemaah haji (CJH) Bondowoso akan berangkat ke tanah suci pada 24 Juni 2022, mendapat pembengkalan dari Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin, Kamis, (16/6).


Bupati Salwa mengatakan, bahwa moment pemberangkatan haji ini yang ditunggu-tunggu oleh CJH, sebab selama tiga tahun sempat vakum dan tertunda dikarenakan pandemi Covid 19. 

"Tahun ini CJH yang berangkat dari Bondowoso lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya," ujar Bupati Salwa. 

Menurutnya, tahun sebelumnya Kabupaten Bondowoso biasanya memberangkatkan CJH sekitar 600an orang, namun tahun ini 313 CJH. 

"Itu dikarenakan banyak CJH yang ikut ke Jember dan Situbondo" kata Bupati. 

Bupati berharap, kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) bisa memaksimalkan skema perencanaan pemberangkatan haji, sehingga CJH tidak keluar dari Bondowoso untuk pemberangkatannya. 

"Ini penting, karena menjadi penilaian dari International, bahwa kabupaten Bondowoso sudah ada peningkatan dalam pelaksanaan ibadah haji" ungkapnya. 

Selain itu, Bupati berpesan kepada CJH agar mulai sekarang menjaga kesehatannya. Menurutnya, ibadah haji adalah ibadah fisik dan ibadah finansial. 

"Bagi calon  jemaah haji, mulai sekarang harus menjaga kesehatan, jangan sampai gagal berangkat karena sakit. Juga harus mengikuti aturan dari petugas medis dan petugas KBIH, dari mulai berangkat sampai pulang ke tanah air" Bupati Salwa berpesan. 

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso, Solihul Kirom, menuturkan pemberangkatan awal calon jemaah haji akan menggunakan 7 armada Bus yang terbagi menjadi beberapa titik. Yakni 2 Bus berangkat dari Masjid Agung At taqwa, 1 Bus dari Masjid Al Azar Wonosari, 1 Bus dari Tamanan dan  Graha NU Bondowoso. 2 Bus dari Ponpes Darul Falah Cerme, 1 Bus dari  Masjid Al  Ikhlas Maesan dan  Gedung NU Wringin. 

Dikatakan Solihul Kirom, jumlah CJH 313 terdiri dari laki-laki 166 orang, perempuan 147 orang. Sedangkan usia termuda CJH tahun ini asal Bondowoso umur 21 tahun dan usia tertua 65 tahun. 

"Seluruh jemaah tersebut akan berangkat pada 24 Juni dan akan pulang ke tanah air pada 6 Agustus 2022. Kami berharap dan berdoa, calon jemaah haji tetap sehat sampai pulang kembali ke rumah masing-masing" pungkasnya.