Ridwan Kamil Belum Gabung Partai karena Peluang Diusung Jadi Capres Kecil?

foto/net
foto/net

Kecilnya peluang Ridwan Kamil untuk diusung menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 disinyalir menjadi alasan kuat orang nomor satu di Jawa Barat tersebut hingga kini belum menentukan partai politik pilihannya.


Terlebih saat ini, sejumlah partai politik (parpol) sudah mulai mengerucutkan beberapa nama yang digadang-gadang bakal diusung sebagai kandidat capres untuk Pemilu mendatang.

"Hari ini kalau kita lihat sudah mengerucut ke beberapa nama, konteksnya usungan partai, karena parpol rasanya sulit membayangkan mengusung Ridwan Kamil," kata pengamat politik Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Sabtu (7/1).

Selain itu, Firman menduga Ridwan Kamil memakai pola yang sama seperti Pilgub Jabar 2018. Sehingga ia memilih untuk tidak terburu-buru menjadi bagian parpol tertentu.

Sebab, meski tidak berbaju partai, Ridwan Kamil mampu membuktikan dirinya tetap diusung parpol menjadi calon gubernur (cagub), termasuk saat Pilwakot Bandung.

"Itu dugaan saya, kenapa akhirnya Kang Emil saat ini belum memutuskan (gabung parpol), walau awalnya bilang akhir bulan kemarin mau masuk partai," tandasnya.