Megawati dan Puan Maharani Buktikan Perempuan Bisa Tampil Pimpin Negeri

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri/Net
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri/Net

Sosok Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPR Puan Maharani dipuji Sekretaris Umum (Sekum) Muhammadiyah Abdul Mu'ti.


Ia menilai, Megawati dan Puan adalah sosok perempuan hebat yang membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi seorang pemimpin.

Bagi Mu'ti, Megawati dan Puan Maharani telah membuktikan perempuan bisa tampil memimpin negeri dan sukses memajukan bangsa dan negara.

"Kalau ada yang mengatakan perempuan tidak boleh jadi pemimpin, menurut saya itu pandangan yang tidak tepat," jelas Abdul Mu'ti dalam acara santunan Ketua DPR untuk anak yatim piatu, di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (5/4).

Ia menilai, pandangan bahwa perempuan tidak boleh menjadi pemimpin muncul karena kesalahan dalam menafsirkan hadits.

Abdul Mu'ti mengakui memang ada hadits yang menyebutkan bahwa tidak akan maju suatu bangsa jika pemimpinnya perempuan.

Namun demikian, ia menyebut, hadits itu harus dibaca dan dipahami sesuai konteks.

Menurutnya, hadist itu keluar saat Nabi Muhammad menanggapi kabar soal Raja Persia yang menyerahkan kekuasaan kepada anak perempuannya yang tidak punya pengalaman dan kemampuan memimpin.

Mu'ti juga tidak menampik, saat ini masih banyak laki-laki yang tidak ikhlas jika dipimpin oleh perempuan. Bahkan banyak laki-laki yang tak senang jika istrinya maju.

Ia pun menyayangkan situasi tersebut. Padahal, kata dia, proklamator Bung Karno pun sudah sejak dulu berpesan agar tidak mengesampingkan peran perempuan.

"Kalau ada laki-laki tidak ikhlas dipimpin perempuan, laki-laki merendahkan perempuan, kata Bung Karno, itu Islam yang sontoloyo," ucap Mu'ti dilansir Kantor Berita Politik RMOL.

Ia pun menilai, Puan Maharani bisa sukses menjadi menteri hingga Ketua DPR seperti sekarang, tak terlepas dari peran suaminya, Hapsoro Sukmonohadi.

Menurut dia, pria yang akrab disapa Happy itu ikhlas melihat Puan terus berkarir di politik, sehingga Puan bisa sukses seperti sekarang.

"Saya yakin Mbak Puan bisa jadi senator yang hebat, Ketua DPR pertama karena dukungan Mas Happy. Dan Mas Happy itu happy (gembira) betul kalau saya lihat," ucap Mu'ti disambut tawa seluruh hadirin.