Prabowo Adalah The New Soekarno

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani/Ist
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani/Ist

Pidato politik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura, seharusnya tidak ditanggapi sini.


Dikatakan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, pernyataaan Prabowo tentang proposal perdamaian antara Ukraina-Rusia itu mengingatkan anak bangsa pada sosok Proklamator Indonesia Ir Soekarno.

Muzani mengatakan, tidak hanya di dalam negeri, tetapi pidato Prabowo soal proposal perdamaian Ukraina-Rusia mendapat respons yang beragam dari negara-negara di dunia.

"Tapi pernyataan sikap seperti itu mengingatkan kita kepada Bung Karno yang pernah berbicara tegas pada masa perang dingin bahwa Indonesia menjadi negara pelopor gerakan non-blok," kata Muzani dalam keterangannya dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (15/6).

Bahkan, Wakil Ketua MPR RI itu mengibaratkan Prabowo sebagai The New Soekarno bagi Indonesia.

"Sejak Pak Prabowo menjabat sebagai Menhan, keberadaan Indonesia semakin diperhitungkan dunia, dihormati, bahkan disegani," katanya.

Menurut Muzani, Prabowo telah menunjukkan kapasitasnya untuk menjadi presiden Indonesia. Selain sebagai Menhan, Prabowo juga memiliki relasi yang baik dengan tokoh-tokoh dunia.

"Apa artinya? Artinya Pak Prabowo selain sebagai Menhan, beliau adalah pribadi yang sangat dihormati oleh komunitas internasional," pungkasnya.