Asdep Wawasan Pemuda Kemenpora Ajak Pemuda Balikpapan Jaga Biota Laut Dari Sampah

Mulyani Sri Suhartuti, Asdep Kemenpora/Ist
Mulyani Sri Suhartuti, Asdep Kemenpora/Ist

Kegiatan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI di Kota Balikpapan pada 13-15 Agustus 2023 diikuti sekitar 100 pemuda dari berbagai komunitas dan organisasi pemuda peduli pelestarian lingkungan hidup.


Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kemenpora dalam rangka memperingati Hari Pemuda Internasional yang jatuh pada 12 Agustus 2023 kemarin.

Adapun program bersih bersih dan pelatihan budi daya Maggot adalah salah satu program Kemenpora di Balikpapan.

Program ini diikuti Himpunan Mahsiswa Manajemen Balikpapan, PMII, Pemuda Hidayattulloh Balikpapan, Pepelingasih, FKP Balikpapan, Peduli Warga Balikpapan, Green Generation lingkungan, Pemuda Pelopor dan berbagai kelompok Pemuda lain. 

Mulyani Sri Suhartuti, Asisten Deputi Wawasan Pemuda pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora langsung turun bersama para pemuda pemudi untuk membersihkan sampah sampah plastik yang menumpuk di Kawasan Pantai Melawai Dermaga Lanal TNI AL, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Mulyani langsung menyisir sampah sampah yang tergolong pembuangan dari masyarakat seperti plastik dan strophom.

"Saya merasa sedih dan menyayangkan laut yang menjadi salah satu sumber mata pencarian mereka tidak jaga, menjadikan biota laut terancam mati. Akibat sampah, hal itu yang membuat saya menyayangkan arti kurangnya kepedulian dalam lingkungan," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (13/8).

Maka dari itu, Mulyani berharap para pemuda dan pemudi di Kota Balikpapan agar memberikan contoh kepada masyarakat arti kesadaran dalam menjaga kebersihan di darat maupun di laut.

"Kemenpora bersama kementerian dan lembaga lain bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat akibat pencemaran lingkungan. Apa lagi ini akan menjadi salah satu Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur Nusantara yang akan menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota," tegasnya.