Dataran Tinggi Laut Hitam Turki, Tawarkan Pengalaman Tak Terlupakan di Tengah Alam

Wisata alam Turki
Wisata alam Turki

Dataran tinggi Laut Hitam Türkiye menawarkan berbagai pilihan alternatif liburan bagi mereka yang ingin melepaskan penat dari hiruk pikuk kehidupan kota. 


Dataran tinggi, di antara rute Laut Hitam paling terkenal sepanjang tahun, menawarkan kombinasi sempurna antara pemandangan alam, langit biru, dan udara segar. Sebagai alternatif dari liburan di tepi laut, bagaimana dengan menjelajahi pemandangan indah dataran tinggi Laut Hitam, di mana anda dapat merasakan cita rasa masakan Laut Hitam yang lezat dan suasana alami yang santai, hijau, dan kaya oksigen?

Ordu: Harmoni Indah Biru dan Hijau. Ordu dengan garis pantainya yang mempesona, alam yang subur, situs sejarah yang menantang waktu, dan spesialisasi gastronomi yang lezat, adalah salah satu tempat wisata paling populer di kawasan Laut Hitam. 

Dataran tinggi Ordu menawarkan berbagai kegiatan kepada pengunjung, termasuk berkemah, karavan, dan trekking. Çambaşı, Perşembe, ve Keyfalan adalah tiga dataran tinggi Ordu yang paling terkenal. Dataran Tinggi Perşembe di distrik Aybastı di Ordu terkenal dengan jalan berkelok-kelok dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan. 

Selama festival dataran tinggi tradisional di bulan Juli, diadakan kompetisi, pertunjukan cerita rakyat, konser, acara sosial dan budaya, permainan gulat, dan pacuan kuda. Dataran Tinggi Çambaşı adalah tujuan populer bagi wisatawan yang tertarik dengan aktivitas luar ruangan. Dataran Tinggi Keyfalan, yang terletak di ujung tenggara distrik Mesudiye, memikat pengunjung dengan udara dan airnya yang bersih, produk hewani alami, dan rumah dataran tinggi tradisional.

Dataran Tinggi Giresun menawarkan “Sepotong Surga”. Giresun, kota khas Laut Hitam dengan budaya, sejarah, dan pemandangannya yang indah, adalah rumah bagi banyak permata alam yang dapat dinikmati sepanjang tahun. 

Tanpa diragukan lagi, dataran tinggi Giresun adalah kawasan yang paling populer. Dataran Tinggi Kümbet, yang menyelenggarakan festival setiap tahun pada hari Minggu kedua bulan Juli, adalah rumah dari berbagai tempat makan dan minum serta pemandangan menakjubkan yang diciptakan oleh perubahan vegetasi.

 Dataran Tinggi Bektaş, yang terletak di persimpangan distrik Dereli dan Bulancak, menarik pengunjung dengan kekayaan alam dan budayanya. Dataran tinggi juga merupakan lokasi asli untuk merasakan kehidupan dataran tinggi tradisional. 

Dataran Tinggi Gunung Sis di distrik Görele memiliki rute yang cocok untuk banyak aktivitas luar ruangan, khususnya mendaki gunung. Sumber air mineral di kawasan ini, yang dikenal sebagai 'air pahit', adalah sebuah hal yang unik di dataran tinggi ini, yang dikenali dari atmosfernya yang berkabut.

Dataran Tinggi Trabzon di tengah alam

Trabzon, salah satu kota paling populer di Laut Hitam, memikat pengunjung dengan keindahan alamnya yang menakjubkan dan kekayaan sejarahnya. 

Dataran Tinggi Maçka-Şolma berada di puncak dataran tinggi untuk dijelajahi di Trabzon. Dikelilingi oleh hutan dengan tanaman hijau subur dan air yang mengalir, alam yang tenang, dan berbagai fasilitas, dataran tinggi memberi pengunjung lingkungan di mana mereka dapat bersantai secara mental dan fisik. 

Dataran Tinggi Erikbeli, yang terletak 24 km selatan Tonya, menawarkan pengunjung pesta pemandangan yang indah dan fauna yang unik. Lustra dan Karester Plateaus, 20 km dari Çaykara dan jauh di atas Uzungöl, merupakan salah satu tempat wisata Laut Hitam yang paling terkenal dengan padang rumputnya yang subur dan pemandangan yang luar biasa.

Dataran Tinggi Rize di Kaki Pegunungan Kaçkar Rize, kota di kawasan ini yang paling terkenal dengan lembahnya yang curam, sungai yang mengalir, kastil bersejarah, dan tehnya yang lezat, adalah surga dataran tinggi yang sebenarnya. 

Dataran Tinggi Ayder adalah dataran tinggi hijau zamrud kota yang paling terkenal. Ayder, sebagai salah satu dataran tinggi paling terkenal di Türkiye, terletak 19 km dari Çamlıhemşin, bersandar di Pegunungan Kaçkar dan berubah keindahannya seiring musim di antara hutan cemara, kastanye, beech, dan cemara. Pendakian alam yang panjang dapat dilakukan di dataran tinggi, dalam jarak berjalan kaki dari Air Terjun Gürgendibi dan Gelintülü.

Dataran Tinggi Artvin: Permata Tersembunyi di Wilayah Laut Hitam. Dengan ribuan nuansa dataran tinggi yang hijau, Artvin adalah salah satu kota terpenting di kawasan Laut Hitam dan Türkiye dalam wisata dataran tinggi.

 Kaçkar dan Kafkasör adalah dua dataran tinggi paling terkenal di Artvin. Dataran Tinggi Kaçkar, yang terletak di lereng selatan Gunung Kaçkar dan sebagian di Rize, menawarkan kesempatan mendaki gunung yang sangat menakjubkan. Satwa liar juga dapat diamati di dataran tinggi, diselimuti oleh padang rumput dan hutan yang luas. 10 kilometer dari barat daya pusat kota, terdapat Dataran Tinggi Kafkasör, yang merupakan tempat wisata lainnya yang patut untuk dikunjungi.