Pemain Timnas U17 Piala Dunia Tidak Lolos Seleksi Ditempatkan di SKO Kemenpora

Seleksi Timnas U17 Piala Dunia 2023 di Senayan Jakarta/RMOLJatim
Seleksi Timnas U17 Piala Dunia 2023 di Senayan Jakarta/RMOLJatim

Menjelang 90 hari menuju Piala Dunia U17 tahun 2023, skuat Timnas Indonesia terus melakukan berbagai persiapan yang akan dimulai pada 10 November sampai 2 Desember mendatang. 


Setelah menjalani serangkaian uji coba pada Rabu, 2 Agustus, Timnas U-17 Indonesia melawan Barcelona Juvenil A di Stadion Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Hasilnya, kalah dengan skor 0-3.

Selanjutnya, Timnas U-17 melakoni  uji coba yang kedua melawan Kashima Antlers U-18 pada Sabtu, 5 Agustus 2023. Hasilnya tetap kalah dengan skor 2-3. Kemudian Timnas Garuda Muda kembali pemusatan latihan (TC) di Solo, dan kini seleksi peserta yang lolos dari 12 kota dan tambahan dari peserta yang lolos seleksi Sekolah Keolahragaan (SKO) Kemenpora ada 8 pemain saat di Cibubur Jakarta, sejak 24-27 Juli 2023. 

Dipanggil PSSI selama kurang lebih 3 hari mulai 15-17 Agustus 2023 dan dikumpulkan di Senayan, total ada 50 pemain yang langsung dipantau Bima Sakti, Indra Sjafri dan Dirtek PSSI, Frank Wormuth di Lapangan A, Senayan Jakarta untuk melihat kualitas pemain seleksi Piala Dunia U-17 2023.

"Kita masih melihat pemain yang sekarang baru bergabung seleksi dan mereka masih dalam tahap penyesuaian. Tentu dalam persiapan mereka harus mampu menunjukan skill dan performanya,"  Indra Sjafri pada Kantor Berita RMOLJatim.

Hasil pantauan dari 12 kota maupun tambahan pemain dari yang lolos SKO Kemenpora, lanjut Indra, tidak beda jauh secara postur dan kualitas permainan. 

"Saya berharap emain bisa menampilkan kemampuan di lapangan sampai waktunya nanti," ujarnya.  

Indra menambahkan, pemain yang nanti tidak lolos saat seleksi Timnas U17 bisa diarahkan untuk masuk skuat SKO Kemenpora atau Liga seperti Elite Pro, asalkan baik secara kualitas.

Di tempat yang sama Pelatih Timnas U17 Bima Sakti mengatakan, mereka baru bergabung dan perlu adaptasi.

"Kita masih melihat beberapa hari kedepan penampilan mereka. Semoga kita dapat pemain secara kualitas untuk membentuk skuat pemain terbaik Timnas U17. Bahkan pemain yang nanti tidak lolos bisa ditempatkan di SKO Kemenpora. Itu lebih baik untuk pembinaan," demikian Bima.