Pertura, Produk Diseminasi Informasi Diskominfo Kota Mojokerto yang Menghibur

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pemerintah Kota Mojokerto menyuguhkan untuk kedua kalinya suatu diseminasi informasi berbalut hiburan bagi warga dalam Pertunjukan Rakyat (Pertura) yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto di Lapangan Panggreman, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Kranggan.


Diawali hiburan rakyat seperti bantengan, angklung, banjari, campur sari hingga mendatangkan pedangdut kondang Tasya Rosmala untuk memberikan hiburan bagi warga Kota Mojokerto. Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan bahwa terlaksananya Pertura tak lepas dari dicabutnya status pandemi covid-19, sehingga Pemkot Mojokerto dapat melakukan diseminasi informasi dengan mengumpulkan massa.

"Kegiatan diseminasi informasi sudah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Mojokerto secara rutin. 3 tahun kebelakang diseminasi informasi kita lakukan secara terbatas dan lebih menggunakan teknologi informasi karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, maka ketika tahun 2023 ini Perpres 2 tahun 2020 tentang bencana non alam pandemi covid-19 sudah dicabut oleh pemerintah maka diseminasi informasinya kita kemas dalam bentuk pertunjukan rakyat," kata perempuan yang akrab disapa Ning Ita, Selasa.

Adanya Pertura, Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini berharap diseminasi dapat terlaksana serta ekonomi sektor bawah bisa bergerak. 

"Harapan kami dua hal bisa terwujud. Pertama diseminasi informasi, yang kedua ekonomi di sektor bawah bisa bergerak sehingga akan menjadi pengungkit untuk pertumbuhan ekonomi di Kota Mojokerto," harapnya.

Ning Ita menambahkan bahwa sajian dalam Pertura di masing-masing kecamatan akan berbeda disesuaikan karakteristik masing-masing.

"Kita menuju kota wisata sejarah dan budaya. Dan karakteristik masyarakat di masing-masing lingkungan itu berbeda-beda sehingga Pertura ini kita kemas per kecamatan sesuai dengan karakteristiknya, jadi kearifan lokalnya juga kita kedepankan,"ujar Ning Ita.