Dua Siswi Asal Aceh Raih Medali Emas Event Internasional di Korsel

Nazwa Mutia dan Naysilla Putri Rizqhita/Ist
Nazwa Mutia dan Naysilla Putri Rizqhita/Ist

Dua siswi asal SMAN 1 Takengon, Aceh Tengah, yakni Nazwa Mutia dan Naysilla Putri Rizqhita berhasil meraih medali emas dalam ajang Korea International Women’s Invention Exposition (KIWIE) di Seoul, Korea Selatan (Korsel) yang berlangsung pada 20-23 Agustus 2023. 


Ajang yang diselenggarakan oleh Korea Women Inventors Association (KWIA) ini diikuti oleh 18 negara di dunia dengan jumlah penemuan sebanyak 354, terdiri dari 152 penemuan berasal dari siswi Korsel dan 199 penemuan berasal dari siswi negara lain.

Nazwa Mutia dan Naysilla Putri Rizqhita menuliskan penelitian mereka dalam laporan berjudul The Use of Empan Powder as The Natural Preservative in Fish (Pemanfaatan bubuk empan sebagai pengawet alami pada ikan). Tulisan ini diperlombakan pada kategori Other Invention and New Practical Product.

Terkait itu, Kepala SMAN 1 Takengon, Konadi Lingga, mengucapkan rasa syukurnya atas keberhasilan kedua siswi tersebut. Mereka telah mengharumkan nama bangsa secara umumnya dan secara khusus Bumi Serambi Mekah.

“Alhamdulillah, kami sangat bangga dengan prestasi ini. Terima kasih kami ucapkan atas dukungan semua pihak, terutama dukungan dari Kepala Dinas Pendidikan Aceh,” kata Konadi, dikutip Kantor Berita RMOL Aceh, Kamis (24/8).

Keikutsertaan mereka, kata Konadi, setelah melewati seleksi penyelenggara event ini di tingkat nasional, yakni pada ajang Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA).

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri mengatakan, keberhasilan kedua siswa itu adalah kontribusi besar para guru yang telah mempersiapkan mereka berlaga di kancah internasional.

“Sekali lagi kita buktikan bahwa anak Aceh adalah anak-anak yang berdaya saing tinggi. Terima kasih atas prestasi ini, kami bangga,” kata Alhudri.