PM India Narendera Modi Datang di Hari Terakhir KTT ke-43 ASEAN

PM India, Narendera Modi dan Presiden RI, Joko Widodo berfoto jelang KTT ke-20 ASEAN-India di Plenary Hall JCC pada Kamis, 7 September 2023/RMOL
PM India, Narendera Modi dan Presiden RI, Joko Widodo berfoto jelang KTT ke-20 ASEAN-India di Plenary Hall JCC pada Kamis, 7 September 2023/RMOL

KTT ke-43 ASEAN memasuki hari terakhir pada Kamis (7/8). Sejumlah agenda yang tersisa akan dilaksanakan hingga penutupan sore hari ini. 


Agenda pertama dimulai pukul 09.00 WIB dengan gelaran KTT ke-20 ASEAN-India di ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center (JCC).

Pertemuan itu dihadiri langsung oleh Perdana Menteri India Narendra Modi yang telah tiba di Jakarta subuh pagi pukul 04.10 WIB.

Kehadirannya menjadi istimewa karena India saat ini juga tengah sibuk mempersiapkan KTT G20 yang digelar pada 8 hingga 10 September mendatang.

Acara kemudian akan beralih dengan KTT ke-18 Asia Timur pukul 10.15 WIB di Assembly Hall JCC.

Siang harinya, para pemimpin ASEAN menggelar pertemuan dengan PM Australia, Anthony Albanese dalam KTT ke-3 ASEAN-Australia.

KTT mitra ASEAN terakhir digelar dengan PBB, telah hadir di Indonesia Sekretaris Jenderal Anthonio Guterres yang semalam datang ke acara Gala Dinner ASEAN.

KTT ke-43 ASEAN akan ditutup pada pukul 16.40 WIB di Plenary Hall JCC. Dalam Upacara penutupan Presiden RI, Joko Widodo akan menyerahkan presidensi ASEAN kepada PM Laos, Sonexay Siphandone.