Aset Negara 11.000 Triliun Bisa Dioptimalkan untuk Ekonomi Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani/Net
Menteri Keuangan Sri Mulyani/Net

Sebagian besar aset negara yang bernilai 11.000 triliun rupiah masih bisa dioptimalkan, baik secara nilai tambah, peranan, dan kontribusinya, dalam ekonomi Indonesia. 


Begitu disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Malam Penganugerahan The Asset Manager 2023 yang digelar di Gedung AA Maramis, Kompleks Kementerian Keuangan, Selasa malam (17/10).

"Selama pembangunan Indonesia dilakukan, aset-aset kita yang sekarang nilainya 11.000 triliun rupiah itu sebagian besar sebetulnya sangat dan masih bisa dioptimalkan dari sisi nilai tambahnya, peranannya, dan kontribusinya terhadap perekonomian," ujar Sri Mulyani, seperti dikutip dari situs Kemenkeu.

Menurutnya, dalam proses inventarisasi dan valuasi aset negara, kerap ditemukan aset berupa gedung dan lahan kosong yang kondisinya kurang optimal.

"Sering yang muncul di masyarakat ada gedung di daerah strategis tapi kosong atau bahkan dijadikan gudang sehingga dia tidak memunculkan opportunity cost atau nilai tambah yang harusnya bisa dimunculkan dari aset-aset yang ada dinilai strategis," ujar Sri Mulyani.

"Banyak lahan-lahan yang dibiarkan kosong dan ini kemudian di-occupied pihak-pihak yang tidak berkepentingan atau yang kemudian ingin menyerobot," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mendukung diselenggarakannya kontestasi Asset Manager oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) sebagai ajang untuk bisa meningkatkan kemampuan dari para manajer aset di berbagai institusi.

Ia kemudian memaparkan pengalamannya saat melakukan kunjungan kerja ke berbagai negara. Ia menyaksikan sendiri banyak negara yang memanfaatkan bangunan tua untuk kegiatan bisnis, wisata dan sebagainya, yang memiliki nilai ekonomi.

"Nah, kemampuan dan mengenali skill seperti itu masih relatif baru di Indonesia. LMAN kita minta menjadi pionir untuk bisa menjadi promotor terhadap tadi, the best and the highest use," ujar Sri Mulyani.

The Asset Manager sendiri merupakan kompetisi antar para pengelola aset negara pada Kementerian/Lembaga, Pemda, BLU, maupun BUMN/BUMD yang mengadu kompetensi, pemahaman, dan kreativitas dalam optimalisasi aset negara.