Ribuan Massa di Jombang Doa Bersama dan Kumpulkan Donasi untuk Rakyat Palestina

Doa bersama di Jombang untuk rakyat Palestina/RMOLJatim
Doa bersama di Jombang untuk rakyat Palestina/RMOLJatim

Ribuan massa gabungan dari berbagai ormas dan santri menggelar doa bersama untuk Palestina. Doa bersama ini digelar di Bundaran Ringin Contong, Jombang, tepatnya di jalan KH Wahid Hasyim.


"Doa bersama ini merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian kami terhadap saudara kita di Palestina," kata Koordinator aksi solidaritas Aliansi Masyarakat Jombang Peduli Palestina, Gus Zulfikar Damam Ikhwanto, Rabu (25/10) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Selain doa bersama, Aliansi Masyarakat Peduli Palestina juga membacakan pernyataan sikap yang mengutuk keras tindakan Israel atas rakyat Palestina. Menurutnya, Agresi Militer Israel adalah bentuk pelanggaran HAM berat.

"Mereka telah membunuh anak-anak Palestina dan juga perempuan yang tidak berdosa. Menodai kesucian Masjidil Aqsa. Dan mengusir paksa rakyat Palestina dari tanah airnya," ujar Gus Antok, sapaan akrabnya.

Ia menegaskan, bahwa Israel sejatinya telah melakukan genosida terhadap rakyat Palestina. Zionis Israel memblokade akses rakyat palestina, menawan dan menghancurkan berbagai fasilitas umum.

"Kami mendukung Pemerintah Republik Indinesia dan bangsa-bangsa yang lainnya bersatu untuk terus mengupayakan kemerdekaan rakyat Palestina. Menghentikan penjajahan Zionis Israel di Tepi Barat, Gaza dan seluruh wilayah Palestina," ujar Gus Antok.

Dalam gelaran doa bersama tersebut, Aliansi Masyarakat Jombang Peduli Palestina (AMJPP) juga melakukan penggalangan donasi untuk disalurkan ke Palestina melalui Basnaz Kabupaten Jombang.

Gus Antok menyerukan seluruh warga masyarakat untuk menggalang bantuan korban kemanusiaan atas penjajahab dan kejahatan genosida oleh Zionis Israel atas rakyat Palestina.

"Alhamdulillah, donasi dari masyarakat peduli Palestina yang dikumpulkan oleh Basnaz Kabupaten Jombang hari ini mencapai sekira Rp 225 juta," bebernya.

Terakhir, Gus Antok juga meminta seluruh masyarakat terus berdoa dan bersholawat untuk kepeduliaan terhadap saudara-saudara di Palestina."Semoga rakyat Palestina yang sedang berjuang diberikan kemerdekaan. Dan segera terlepas dari penderitaan penjajahan oleh Zionis Israel," pungkasnya.