Diskominfo Kabupaten Blitar Gelar Pelatihan Cyber Security Fundamental

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Blitar gelar peningkatan SDM melalui pelatihan Cyber Security Fundamental (CSF). Pealtihan yang digelar Kominfo Kabupaten Blitar bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).


Pealatihan yang digelar di Ruang Perdana akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 24 – 26 Oktober.

Kepala Dinas, Herman Widodo mengatakan kalau CSF diikuti oleh perwakilan atau agen siber yang ditunjuk oleh masing-masing perangkat daerah Pemkab Blitar.

"Tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman dan peningkatan kompetensi peserta tentang keamanan siber," katanya.

Dijelaskanya, pelatihan disampaikan oleh 2 pengajar dari BSSN dengan menggabungkan materi berdasarkan textbook dan praktikum (hands on) secara langsung diperangkat laptop masing-masing peserta.

"Materi praktikum juga disesuaikan dengan kondisi keamanan siber terkini seperti analisis terhadap insiden web defacement yang banyak dialami oleh instansi pemerintahan," katanya.

Beberapa materi pokok lanjutnya, disampaikan dalam pelatihan diantaranya adalah dasar keamanan siber, Manajemen risiko, Business Continuity Plan (BCP), Manajemen insiden, serta Identifikasi dan Analisis Keamanan Komputer.

"Selain mendapatkan kompetensi teknis, diharapkan kesadaran pentingnya penerapan keamanan siber mulai terbangun pada masing-masing peserta untuk dapat disebarluaskan di tempat kerja masing-masing," tutupnya.