Targetkan Kuantitas Anggota Banser, Satkorcab Bondowoso Kembali Gelar Diklatsar

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Satuan Kordinator Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Bondowoso memiliki target meningkatkan jumlah anggota untuk periode 2022-2027.


Terbaru sebanyak 67 pemuda pemudi di Bondowoso mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) PAC GP Ansor Kecamatan Tamanan, pada Jum'at (24/11). 

Diklatsar angkatan pertama untuk wilayah Kecamatan Tamanan ini, pelaksanaannya dipusatkan di Ponpes Manba'ul Falah, di Dusun Moncek, Desa Wonosuko, Kecamatan Tamanan, selama tiga hari. 

Para peserta merupakan warga dari berbagai wilayah di Bondowoso. Bahkan, ada pula peserta yang berasal dari kabupaten Jember dan kota lainnya. 

Kepala Satkorcab Banser Bondowoso, Syaiful Bahri Husnan, mengatakan, pihaknya terus menggelar kegiatan Diklatsar dalam rangka meningkatkan kuantitas anggota Banser. 

Dengan harapan jumlah yang banyak ini bisa membuat anggota Banser  kian kokoh menjadi panji-panji Nahdlatul Ulama sebagai Nahdliyin. 

“Memang sebenarnya wajib Banser itu besar. Kami sekarang berusaha menata Banser kabupaten lebih bagus, lebih baik lagi,” ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Pria yang juga merupakan anggota DPRD Fraksi PPP ini pun menekankan bahwa para peserta hendaknya tak berhenti setelah pelatihan ini tuntas. Melainkan, perlu tetap melaksanakan tugas sebagai bagian dari Nahdlatul Ulama. 

Di lain sisi, pentingnya untuk membuat rencana tindak lanjut pasca Diklatsar. 

"Selesai pelatihan tidak boleh selesai di sertifikat. Jadi kalian harus tetap melaksanakan tugasnya," urai pria akrab disapa Gus Syef itu.

Ditempat yang sama, Camat Tamanan Subhan menyatakan apresiasinya atas terselenggaranya Diklastsar ini. 

Subhan berharap dengan adanya Diklatsar ini bisa dirasakan lagi manfaatnya bagi masyarakat. Khususnya, saat kegiatan sosial keagamaan. 

“Bagaimana Banser ini memahami tugas, peran dan fungsi dari Banser itu sendiri. Sehingga tak hanya sebatas setelah selesi kegiatan selsai,” tuturnya. 

Diharapkan agar para peserta yang menjadi Banser ini tak hanya mengedepankan bendera Bansernya. Tapi juga mengedepankan peran serta di tengah-tengah masyarakat dalam berbagai aksi sosial kemasyarakat. 

“Tak hanya melulu dalam kegiatan keagamaan. Tapi huga terlibat daam kegiatan sosial, seperti kebencanaan,” pungkasnya.

Kegiatan diklatsar tersebut akan berlangsung hingga Minggu siang dengan beberapa materi, baik materi lapang maupun ruang.