Gelar Paripurna Istimewa di HUT Kabupaten Malang ke-1263, Ketua DPRD Berharap Malang Semakin Makmur

Suasana Rapat Paripurna Istimewa memperingati HUT Kabupaten Malang ke-1263/RMOLJatim
Suasana Rapat Paripurna Istimewa memperingati HUT Kabupaten Malang ke-1263/RMOLJatim

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang menggelar rapat paripurna istimewa dalam agenda memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Malang ke-1263 di Gedung DPRD Kabupaten Malang, Selasa (28/11).


Rapat Paripurna Istimewa itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi. Selain itu dihadiri oleh Bupati Malang, H.M. Sanusi dan Wakil Bupati, Didik Gatot Subroto serta anggota DPRD, dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dengan mengenakan pakaian adat malangan. Serta Forkopimda Malang Raya. 

Pada kesempatan itu, Darmadi mengatakan, bahwa dalam peringatan HUT Kabupaten Malang ke-1263 tahun 2023 diharapkan Kabupaten Malang semakin makmur. 

"Di usia Kabupaten Malang saat ini, sudah cukup matang sebagai daerah. Dengan tema bangkit lebih cepat menuju makmur, semoga Kabupaten Malang semakin makmur. Apalagi dua tahun lalu kita diterpa Pandemi Covid-19,  maka kita harus bangkit, tapi lebih cepat lagi," ujarnya. 

"Bangkit lebih cepat ini didukung dengan beberapa program prioritas terutama di tahun 2024 kita tuntaskan. Pada RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2026 memang tidak bisa kita capai semuanya. Tapi kita ada percepatan di tahun 2024," imbuhnya. 

Selain itu, ia juga menyampaikan, Kabupaten Malang melalui visi-misi Malang Makmur harus berupaya keras memberikan pelayanan terbaik. Utamanya pelayanan dasar terhadap bidang pendidikan dan kesehatan, dan infrastruktur. 

Berikutnya, mengenai kemiskinan di Kabupaten Malang menjadi perhatian khusus yang harus segera diselesaikan. 

"Tidak dipungkiri PR kita masih banyak. Kita berupaya mengentas kemiskinan. Ini masih menjadi PR yang cukup berat, karena kemiskinan di Kabupaten malang masih cukup tinggi. Kemudian disisi lain peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) perkapita pendapatan penduduk berupaya ditingkatkan, sehingga sesuai dengan visi-misi malang makmur yang harus kita capai. Kemudian masyarakat memperoleh penghidupan yang layak, memperoleh kehidupan yang lebih baik dari segi pendidikan, kesehatan dan lain lain," tuturnya. 

Sementara itu Bupati Malang, H.M. Sanusi mengungkapkan, bahwa ini momen yang sangat istimewa bagi Kabupaten Malang. Karena, semua kembali diberi anugerah dan nikmat kesempatan untuk dapat memperingati Hari Jadi Ke 1263.

"Sebuah perjalanan yang sangat panjang dan tentunya tidak terlepas dari lika-liku serta pasang surut, dimana segala pencapaian yang telah berhasil kita raih saat ini juga tidak telepas dari tetesan keringat, kerja keras dan perjuangan, yang dimulai sejak 1263 tahun lalu oleh para pendahulu kita, yang telah mewariskan berbagai keberhasilan. Sehingga Kabupaten Malang dapat menjadi tangguh seperti sekarang," kata Bupati Sanusi.

Dalam hal ini, Sanusi juga menyampaikan beberapa progres perkembangan daerah dan juga keberhasilan pembangunan di Kabupaten Malang. Diantaranya, bidang kesehatan, bidang pariwisata, bidang infrastruktur hingga bidang pendidikan.

"Selain beberapa hal tersebut, capaian yang sekaligus menjadi indikator keberhasilan kinerja pembangunan di  Kabupaten Malang, yaitu terbukti dengan diterimanya berbagai penghargaan selama kurun waktu satu tahun terakhir," pungkasnya.[adv]