Beri Edukasi Politik Melalui Turnamen Voli, Lilik Hendarwati: Belajar Berkompetisi Sehat dan Membahagiakan

Edukasi politik lewat turnamen voli
Edukasi politik lewat turnamen voli

Banyak cara memberi edukasi politik di masyarakat menjelang Pemilu 2024. Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Lilik Hendarwati memilih menggelar turnamen Bola Volly untuk mengajarkan tentang berkompetsisi sehat dan menguatkan silaturahim jelang Pemilu. 


Hal ini disampaikan Lilik saat memberi sambutan turnamen Bola Volly yang diberi nama Lilik Cup yang digelar Sabtu, 12 Desember 2023 di Kelurahan Nginden Jangkungan itu. 

"Kita harus menghadapi perhelatan politik dengan damai dan gembira. Dari pertandingan ini, kita bisa belajar bagaimana berkompetisi yang membahagiakan," kata Lilik. 

Selain itu, ia menjelaskan bahwa, melalui turnamen ini, masyarakat bisa belajar sportif, berkompetisi sehat dan terus menjaga silaturahim satu dengan yang lainnya. 

"Jangan sampai beda pilihan, menjadikan kita saling bermusuhan. Semua harus tetap kompak dan menjaga kerukunan. Sehingga kita bisa bareng-bareng membangun Surabaya, membangun Jawa Timur dan NKRI yang kita cintai ini," kata alumnus ITS itu. 

Lilik menegaskan bahwa dalam perlombaan, sportifitas adalah hal yang sangat penting. Menurutnya, jika pemainnya sportif,  permainan akan berjalan adil, akan melahirkan pemain terbaik.

Begitu pula dengan Pemilu atau Pilpres, menurutnya jika permainan berlangsung dengan menjunjung sportifitas, putra-putra terbaik bangsa ini akan terpilih. 

"Mereka-mereka inilah yang akan bisa mewujudkan Indonesia lebih baik," tegas Lilik yang disambut tepuk tangan meriah para peserta dan masyarakat yang hadir menyaksikan. 

Bagi Lilik, menyampaikan pendidikan politik di masyarakat lebih mudah jika dilakukan melalui kegiatan masyarakat seperti lomba-lomba yang nuansanya menyenangkan dan membahagiakan.

"Ini juga bagian dari tugas saya sebagai anggota legeslatif, wakil mereka yang harus dekat dengan masyarakat, sehingga dari obrolan-obrolan non formal yang terjadi, saya bisa menyerap aspirasi mereka," katanya. 

Lilik ternyata tidak sekali ini menggelar lomba-lomba di masyarakat. Sebelumnya, ada pertandingan footbal, badminton, dan tenis meja yang digelar untuk masyarakat Surabaya. 

"Bismillah, harapannya bisa turut menciptakan situasi kondusif di masyarakat," pungkas Lilik.