Gelar Pasar Murah di Situbondo Jelang Nataru, Gubernur Khofifah: Stok Beras dan Sembako Aman di Jatim

Gubernur Khofifah meninjau pasar murah di Situbondo/Ist
Gubernur Khofifah meninjau pasar murah di Situbondo/Ist

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar pasar murah di Pendopo Kabupaten Situbondo, Sabtu (16/12). Pasar murah ini menjadi satu rangkaian Hari Jadi Pemprov Jatim ke-78.


Pasar murah ini langsung diserbu masyarakat Situbondo, karena menjual sembako di bawah harga pasar. Mulai beras, minyak goreng, telur ayam dan juga gula pasir.

Secara khusus, Gubernur Khofifah menyempatkan diri untuk meninjau Pasar Murah di Situbondo ini. Saat peninjauan ini ia tampak membagikan telur gratis kepada masyarakat khususnya bagi anak anak  dan ibu hamil.

Ia juga memanggil sejumlah pembeli yang tampak membawa anak untuk dibagi telur. Hal ini dilakukannya sembari berpesan agar gizi anaknya diprioritaskan agar jangan sampai anak stunting akibat kurang asupan nutrisi.

Terkait pasar murah ini, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa sejauh ini Pemprov Jatim terus menjaga stabilitas harga bahan pokok untuk masyarakat. Dan saat ini harga beras kualitas  medium di Jatim adalah yang paling terendah bila dibandingkan dengan provinsi yang lainnya di Jawa.

"Sampai dengan kemaren sore sejak awal September  cek harga beras  medium kita terendah se-Jawa. Harganya memang di atas HET, tapi kalau dibandingkan dengan provinsi yang lain, harga beras  medium kita yang paling terendah se Jawa," kata Gubernur Khofifah. 

Lebih lanjut, ia menyampaikan, operasi pasar murah yang dilakukan di Situbondo kali ini merupakan rangkaian program dalam rangka menekan kenaikan harga sembako menjelang natal 2023 dan tahun baru 2024.

"Kita terus melakukan pasar murah, per 1 September hingga sekarang sudah 83 titik. Dan setiap titik selalu kita membagikan telur untuk anak-anak balita dan ibu hamil. Harapannya kita ingin mensuport gizi anak dan ibu hamil," katanya. 

Di sini, masyarakat bisa mendapatkan sembako yang dijual di bawah HET. Seperti beras SPHP 5kg dijual Rp 52.000 atau Rp 10.400 per kilo, beras kita premium 5kg dijual Rp 60.000 atau Rp 12.000 per kilo. Selain itu ada pula telur yang dijual Rp 24.000 per kilo, gula pasir Rp 14.000 per kilo dan minyak kita Rp 13.000 per liter.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan terima kasih atas kepedulian yang diberikan Gubernur Khofifah kepada warga Situbondo.

Ia juga menyebut, bantuan secara langsung kepada masyarakat adalah bukti bahwa Gubernur Khofifah selalu ingin dekat dengan masyarakat. 

"Terima kasih Ibu Gubernur, kepedulian-kepedulian semacam ini semoga bisa menjadi inspirasi sekaligus menjadi teladan bagi kita agar ke depan kita juga bisa berbuat banyak untuk rakyat," kata Bupati Karna.