Ustaz Abdul Somad dan Habib Rizieq Dukung Anies-Muhaimin, Ini Analisa Pengamat

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar/RMOL
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar/RMOL

Dukungan Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab (HRS) terhadap pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Amin diyakini akan menambah kekuatan dan suara di Pilpres 2024.


Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab (HRS) resmi mendukung capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin).

Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi meyakini dukungan UAS dan HRS melalui Ijtima Ulama akan menambah kekuatan dan suara bagi AMIN di Pilpres 2024.

"Dukungan UAS dan HRS akan sangat memerkuat Anies," kata Muslim kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (17/12).

Muslim menilai, Ijtima Ulama yang mendukung Anies merupakan hak politik para ulama sebagaimana diatur dalam konstitusi.

"Figur UAS maupun HRS adalah ulama penuntun umat dan jadi rujukan umat saat menentukan hak-hak politiknya," tutur Muslim.

Menurut Muslim, dukungan UAS maupun HRS melalui Ijtima Ulama terhadap pasangan Amin bukan bentuk politisasi agama. Mengingat, umat beragama termasuk Islam yang merupakan mayoritas di Indonesia juga mempunyai hak politik yang sama.

"Hak dipilih maupun memilih dijamin konsitusi. Itu bukan kategori politisasi agama. Jadi bagi UAS maupun HRS punya pengikut dan punya pilihan politik adalah sah secara konsitusi. Bahkan begara menjamin hak-hak itu secara konstitusional," pungkas Muslim.