JK Dukung Amin, Syafruddin Kambo Pastikan DMI Tetap Netral

foto/net
foto/net

Ketua Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo menyatakan bakal netral dan tidak mendukung salah satu pasangan capres dan cawapres dalam kontestasi Pilpres 2024.


Penegasan ini disampaikan Syafruddin, menjawab wartawan menyusul sikap Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 dan Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla yang melabuhkan dukungan politiknya kepada pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin).

"Itu sikap pribadi dan hak konstitusional beliau. Jadi tidak terkait dengan DMI. Sebagai Wakil Ketua Umum dan Ketua Harian, saya berupaya menjaga netralitas DMI," kata Syafruddin kepada wartawan di Jakarta, Rabu pagi (20/12).

Syafruddin tidak memungkiri, dia memiliki kedekatan personal dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri, Capres Prabowo Subianto dan Capres Anies Baswedan.

"Tapi untuk sikap politik saya memilih netral dan menjamin DMI tidak diseret ke kancah politik," tuturnya.

Adapun pada Selasa malam (19/12), Jusuf Kalla mengumumkan dukungannya kepada pasangan Amin, yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Jadi hari ini, saya menyampaikan sikap (dukung Amin). Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua," kata JK saat menghadiri acara silaturahim Presidium Gerakan Rakyat Sulawesi Selatan Timnas Pemenangan AMIN, di Gedung Islamic Centre IMIM, Kota Makassar.