Nataru Ceria 2023, Ini Layanan ASTRA Tol Jombang-Mojokerto

Poto - rest area kedungmlati/ist
Poto - rest area kedungmlati/ist

Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto (ASTRA Tol Jomo) berkomitmen untuk memberikan layanan dan fasilitas terbaik agar pengguna jalan dapat menikmati perjalanan dengan lancar, aman dan nyaman.


Komitmen tersebut disampaikan pada kegiatan Media Gathering dan Media Visit yang dilaksanakan di Kantor Pusat ASTRA Tol Jombang-Mojokerto di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, puncak arus lalu lintas di wilayah tol Jombang-Mojokerto diprediksi tanggal 25 Desember 2023 dan 1 Januari 2024.

Presiden Direktur ASTRA Tol Jombang-Mojokerto, R Soulisa, mengatakan, dengan adanya 2 kali long weekend, maka telah diperkirakan adanya kenaikan traffic sebesar 4,2% dibandingkan Nataru tahun lalu.

"Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, serta Korlantas POLRI di wilayah Jawa Timur, agar lalu lintas senantiasa lancar. Dan melalui Kampanye Nataru Ceria, kami juga ingin memberikan layanan libur akhir tahun yang Layanan yang Cepat Tanggap, Ramah, Informatif dan Aman," terang Soulisa, Jumat (22/12/2023) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

R Soulisa menambahkan bahwa diperlukan pula peran pengguna jalan untuk selalu berkendara aman dengan cara merencanakan dan mempersiapkan perjalanan dengan bijak, seperti cek kondisi kendaraan, memastikan saldo uang elektronik cukup hingga gerbang tol tujuan serta memastikan kondisi tubuh tetap fit.

Sekedar Informasi, mengantisipasi lonjakan lalu lintas, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto menyiapkan beberapa layanan tambahan guna menunjang kelancaran transaksi tol, yakni menyiapkan tambahan 12 mobile reader yang akan digunakan ketika terjadi kepadatan di gerbang tol.

Agar pengguna jalan senantiasa nyaman, telah disiapkan tambahan toilet portable pada seluruh rest area tol Jombang-Mojokerto, yakni di KM 678 A, KM 678 B ‘Teras Dipa’, KM 695 A ‘Teras Melati’ dan KM 695 B. Pengguna jalan juga dapat memanfaatkan toilet yang berada pada bangunan pendukung yang terletak di masing-masing kantor gerbang tol.

Pengguna jalan juga dapat memeriksa kondisi kendaraan di Mobile Toyota Home Service (THS) yang berlokasi di rest area KM 695 A Teras Melati. Pada lokasi yang sama, tersedia juga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast charging (SPKLU) self-service gratis yang telah beroperasi di tahun ini.

ASTRA Tol Jombang-Mojokerto terus berupaya agar pengguna jalan dapat berkendara dengan aman. Salah satunya menyediakan layanan tambal ban, cek dan tambah tekanan ban di outlet Nitrogen rest area KM 695 B dan rest area KM 678 A. Serta cek dan tambah tekanan ban self-service gratis di rest area KM 695 A ‘Teras Melati’ dan rest area KM 678 B ‘Teras Dipa’.

Selain itu, Pertashop juga tersedia di di rest area KM 695 A Teras Melati dan rest area KM 678 B Teras Dipa. Layanan lalu lintas jalan tol juga disiagakan 24/7, terdiri dari 3 mobil patroli, 1 mobil rescue, 2 ambulance dengan kapasitas yang lebih besar, serta 4 mobil derek juga satuan PJR dari kepolisian.

Petugas layanan jalan tol seperti petugas keamanan dan kebersihan juga ditambah 

agar operasional jalan tol dapat berjalan dengan baik. Pengguna jalan dapat berkendara dengan tenang dan aman karena tol Jombang-Mojokerto dilengkapi dengan 124 CCTV, baik di jalur tol, rest area maupun gerbang tol.

Segala pekerjaan perbaikan jalan tol juga dipastikan tidak ada mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Unit perambuan dan penerangan jalan dipastikan dalam kondisi baik dan berfungsi untuk menunjang keamanan pengguna jalan.

Yuni Rihal, Kepala Departemen Operasi & Pemeliharaan ASTRA Tol Jombang-Mojokerto, mengatakan pihaknya juga menyiapkan kondisi fasilitas di rest area."Kami juga telah melakukan rekayasa lalu lintas serta melakukan imbauan kepada pengunjung untuk bijak memanfaatkan waktu saat berada di rest area," ungkapnya.

Yuni menambahkan bahwa bila terjadi kepadatan di rest area, ia menyarankan pengguna jalan agar dapat memanfaatkan fasilitas istirahat di jalan arteri sebelum kemudian kembali ke jalan tol untuk meneruskan perjalanan.

ASTRA Tol Jombang-Mojokerto senantiasa mengimbau pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan. Memeriksa kendaraan sebelum digunakan, menjaga tubuh tetap fit dan tidak dalam keadaan mengantuk atau lelah ketika berkendara, mematuhi batas kecepatan di jalan tol.

Melalui berbagai upaya dan kerja sama dari berbagai pihak, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung kelancaran mobilitas masyarakat pada momen Nataru tahun ini, serta turut serta mendukung terwujudnya kemajuan infrastruktur jalan tol yang berkelanjutan di Indonesia.