Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud Diprediksi Head to Head di Putaran Kedua

foto/net
foto/net

Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (FAPTI) memprediksi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berlangsung dua putaran.


Hal itu didasarkan hasil survei FAPTI bersama Alvara Research Center di seluruh Indonesia, melibatkan 1.262 responden secara nasional, dan 4.000 responden khusus Jawa, per Desember 2023.

"Profil responden didominasi generasi Z dan milenial sebesar 74,9 persen, 56,2 persen merupakan warga perkotaan," kata Sekjen FAPTI, Eko Nugroho, dalam keterangannya, Kamis (28/12).

Survei berhasil merekam kecenderungan masyarakat dalam memilih 3 pasangan calon.

"Dari ketiga pasangan, kebanyakan responden memilih pasangan Prabowo-Gibran (46 persen), Ganjar-Mahfud 26,4 persen, dan Anies-Muhaimin 21,3 persen," urainya.

Menariknya, tambah Eko, mayoritas responden yang memilih pasangan Ganjar-Mahfud berlatar belakang pendukung Joko Widodo-Ma'ruf saat Pilpres 2019.

"Pemilih Jokowi-Ma’ruf pada 2019 banyak yang memilih pasangan Ganjar-Mahfud, sedang pemilih Prabowo-Sandi tetap memilih Prabowo yang saat ini berpasangan dengan Gibran," tambahnya.

Eko juga mengungkap jawaban responden atas pertanyaan fokus yang harus dikerjakan pemerintahan hasil Pilpres 2024. Hasilnya 48,3 persen memilih mementingkan isu perekonomian, terutama lapangan kerja, peningkatan pendapatan atau gaji, dan menstabilkan harga kebutuhan pokok.

Menurut Eko, surveinya juga melakukan penebalan responden, khusus di Jawa, dengan tambahan 4.000 responden.

"Hasilnya, Jawa Tengah memilih Ganjar-Mahfud 47 persen, diikuti Prabowo-Gibran 32,8 persen. Sedang responden di Jawa Timur memilih Prabowo-Gibran 45,8 persen, dan Ganjar-Mahfud 30,9 persen," rincinya.

"Di DKI Jakarta kebanyakan responden memilih Anies-Muhaimin 34,1 persen, diikuti Ganjar-Mahfud 31,4 persen," sambung Eko.

Dia menyimpulkan, sampai akhir 2023 belum ada pasangan calon presiden yang berhasil meraup suara lebih dari 50 persen.

"Sehingga, kemungkinan besar berlangsung dua putaran. Dan, peluang paling besar yang masuk putaran kedua adalah Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud,” tandasnya.