Angin Puting Beliung Terjang Bondowoso, Puluhan Rumah Rusak dan 5 Orang Terluka

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Angin kencang dan puting beliung menerjang sejumlah kawasan di desa Walidono, Kecamatan Prajekan, Bondowoso, Kamis (18/1) sore. Saat angin puting beliung tersebut menerjang, hujan deras juga turun di daerah tersebut sekitar pukul 17.20 WIB dan videonya pun sontak viral di media sosial.


Tampak video amatir warga ini membanjiri media sosial hingga whatsapp grup, terdengar pula teriakan warga yang menangis karena rumahnya ambruk diterjang puting beliung.

Tak hanya tangisan saja, saat angin puting beliung terjadi, sejumlah warga meneriakkan takbir bersama yang menggambarkan suasana cukup mencekam. 

Sejumlah rumah rusak, pohon tumbang menimpa kendaraan, hingga melintang jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Bondowoso, Dadan Kurniawan membenarkan peristiwa tersebut.

"Puting beliung terjadi di Desa Walidono, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso sore tadi," kata ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Menurutnya, pendataan masih berlangsung dan sejauh ini masih difokuskan di Desa Walidono.

"Di Desa Walidono ada beberapa rumah terdampak di 4 dusun. Kita masih inventarisir," ucapnya.

Untuk korban jiwa, setidaknya ada 5 orang luka akibat bencana tersebut. 4 orang luka ringan sedangkan 1 orang luka berat. 

“Laporan yang kami terima sementara tidak ada korban jiwa. Semoga saja tidak ada yang sampai mengakibatkan meninggal,” urainya.

Berdasarkan informasi, puting beliung tidak hanya menerjang Desa Walidono melainkan juga beberapa desa di sekitarnya.

Kapolsek Prajekan, Iptu Suherdi juga turun ke lapangan untuk mendata dampak bencana alam tersebut.

Sejauh ini para pihak masih berada di tempat kejadian perkara (TKP) untuk assessment, termasuk mendata apabila bencana itu menimbulkan korban jiwa.

"Masih didata untuk korban. Sementara kesulitan karena listrik padam," tulisnya saat dikonfirmasi. 

Diperkirakan dari beberapa sumber menyebutkan kerusakan rumah menyentuh angka 100-an yang terdampak angin puting beliung tersebut. 

Malam ini juga, Pj Bupati Bondowoso Bambang Soekwanto bersama Kapolres Bondowoso dan Dandim 0822 terjun ke lokasi. (Sugianto)