Mahfud MD Jawab Pertanyaan Gibran: Saya Bangga, Orang Madura Pelopor Ekonomi Hijau

Mahfud MD dan  Ganjar Pranowo
Mahfud MD dan Ganjar Pranowo

Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD, mengaku sangat bangga sebagai orang yang berasal dari Madura. Itu lantaran orang Madura merupakan pelopor ekonomi hijau.


Hal itu diungkapkan Mahfud menjawab pertanyaan Cawapres Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka terkait greenflation atau inflasi hijau.

"Saya punya cerita kalau bicara soal recycle, soal ekonomi hijau, saya merasa berbangga sebagai orang Madura karena orang Madura yang pertama dulu mempelopori ekonomi hijau," kata Mahfud dalam debat keempat Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1).

Menurut Menko Polhukam RI ini, orang Madura lebih dulu mengatasi greenflation. Ia menyebut orang Madura memanfaatkan produk tertentu yang kemudian di-recycle sehingga tak menggangu ekologi.

“Orang Madura itu yang munguti sampah-sampah, plastik-plastik, lalu diolah sehingga sebenarnya ekonomi sirkuler itu sudah menjadi kesadaran,” ujarnya.

Sementara untuk mengatasi inflasi, Mahfud mengatakan, pemerintah harus menerbitkan kebijakan-kebijakan yang dapat mengatasi persoalan. Terutama, kebijakan berbasis data.

"Banyak hal yang harus kita lakukan. Ukuran kemajuan ekonomi kita selalu diukur dari sekitar lima hal, misalnya pertumbuhan, kemiskinan, ketimpangan, dan dua lainnya. Ada satu (lagi) ditambahkan emisi," pungkasnya.