Profesor Wuye Resmi Dikukuhkan Sebagai Guru besar Ilmu Fitopatologi Fakultas Pertanian Unmer Madiun

Prof. Dr. Ir. Wuye Ria Andayanie, M.P. usai dikukuhkan sebagai Guru besar Unmer Madiun./RMOLJatim
Prof. Dr. Ir. Wuye Ria Andayanie, M.P. usai dikukuhkan sebagai Guru besar Unmer Madiun./RMOLJatim

Universitas Merdeka (Unmer) Madiun resmi mengkukuhkan Prof. Dr. Ir. Wuye Ria Andayanie, M.P. sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Fitopatologi pada Fakultas Pertanian. Pengukuhan Guru Besar dilakukan oleh Rektor Unmer Madiun Dr. Ir. Luluk Sulistiyo Budi, M.P. dalam rapat terbuka senat Universitas Merdeka Madiun di Gedung Bhirawa Anoraga Unmer Madiun, Kamis (7/3).


"Perasaanya, antara senang dan terharu, karena memang perjuangan itu tidak mudah," ujar Prof. Dr. Ir. Wuye Ria Andayanie, M.P. dikutip kantor berita RMOLJATIM. 

Ia menambahkan, atas pencapaiannya tersebut akan berkontribusi untuk membantu swasembada pangan, karena selama ini hasil kedelai belum bisa untuk memenuhi kebutuhan negara sendiri.

"Saya akan berusaha memberi motivasi ke petani untuk menanam kedelai lagi supaya mengurangi import kedelai," ujarnya. 

Sementara itu ditempat yang sama, Rektor Unmer menyampaikan, guru besar yang dikukuhkan tersebut merupakan Profesor ketiga di Unmer Madiun.

"Hari ini kita sedang melakukan prosesi pengukuhan guru besar yang ketiga di Unmer Madiun, bahwa guru besar itu adalah jabatan akademik tertinggi bagi dosen. Prosesnya memang tidak sederhana tetapi semuanya berproses sesuai aturan yang berlaku," jelas Rektor Unmer. 

Rektor Unmer Madiun memastikan di akhir tahun 2025 nanti akan ada tambahan dua guru besar di Unmer Madiun. 

"Ada dua dosen yang sudah persiapan, yaitu dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi. Mudah-mudahan lebih dari dua guru besar," pungkasnya.