Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, SDN 601 Ajak Siswanya Berbagi Makanan Sehat ke Masyarakat

Siswa SDN menanggal 601 berbagai makanan
Siswa SDN menanggal 601 berbagai makanan

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDN Menanggal 601 Surabaya cukup unik, karena siswa baru diajak berbagi makanan sehat kepada puluhan lansia. Jumat (21/7).


Sekitar 54 siswa baru SDN Menanggal 601 ini diajak gurunya berjalan keliling komplek perumahan bersama kakak kelas mereka, untuk membagikan makanan dan sembako yang dibawa dari rumah ke lansia, balita hingga security. Sebagai upaya melatih kepekaan jiwa sosialnya. 

"Jadi anak-anak mengumpulkan untuk makanan bergizi judulnya, jadi ada yang membawa susu, sembako, ada yang membawa buah, biskuit nah ini kita bagi, " ucap Kepala sekolah SDN Menanggal 601 Mohammad Samsul Hadi. 

Samsul Hadi menerangkan, sebagai sekolah penggerak yang menjalankan program Kemendikbudristek dan harus menerapkan kurikulum merdeka maka dengan tema Jumat Berbagi, para pengajar melatih siswa baru untuk bernalar kritis dan berkarakter. 

"Nah ini kami mengambil sisi berkarakternya yaitu peduli atau berkebhinekaan," jelasnya. 

Pelatihan karakter berjiwa sosial ini, akan digelar rutin oleh SDN Menanggal 601Surabaya, karena menurut Samsul Hadi pendidikan berkarakter diperlukan untuk anak masa kini.