Ponorogo Terjangkit Wabah DBD, 2 Anak Meninggal

Kepala Dinkes Ponorogo Dyah Ayu Puspita/Ist
Kepala Dinkes Ponorogo Dyah Ayu Puspita/Ist

Dalam dua bulan terakhir, wabah demam berdarah dengue (DBD) menjangkit di Kabupaten Ponorogo. Sejauh ini dalam catatan Dinas Kesehatan, jumlah kasus DBD ada 13 kasus. Dua antaranya yang masih anak-anak meninggal dunia.


Kepala Dinkes Ponorogo Dyah Ayu Puspita mengatakan kasus kematian akibat DBD dilaporkan terjadi pada 12 Maret lalu karena kondisi pasien yang sudah buruk saat dibawa ke rumah sakit.

"Kedua pasien [BDB] masuk rumah sakit sudah dalam keadaan kurang baik atau masuk kategori dengue shock syndrome (DSS)," kata Dyah Ayu dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (17/3).

Meski yang diketahui 13 kasus, Dyah Ayu memperkirakan jumlah sebenarnya bisa lebih banyak. Hal ini diantaranya karena perbedaan metode penetapan kasus DBD antara Dinkes dan rumah sakit. Begitu juga jumlah yang meninggal. 

"Tapi yang dilaporkan dan valid hanya dua orang, yang satu masih dilakukan pelacakan. Semoga tidak ada kasus atau penambahan lagi," tandasnya.

Ia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai diantaranya dengan menjaga kebersihan lingkungan.

"Ini harus menjadi kewaspadaan kita semua. Kita saling mengingatkan. Kebersihan semua menjadi tanggung jawab semua," pungkasnya.