Bupati Jember Launching JFC 2024 dengan Tema Algorithm

Launching JFC 2024 di Kota Cinema Mall Jember.
Launching JFC 2024 di Kota Cinema Mall Jember.

Bupati Jember, H. Hendy Siswanto, bersama Presiden Jember Fashion Carnaval (JFC) Budi Setiawan, melaunching JFC 2024 di Kota Cinema Mall ( KCM) Jember, Sabtu Malam (23/3).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Wakil Bupati Jember, KH. Muhamad Balya Firjaun Barlaman, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Hadi Sasmito, Ketua TP PKK Jember Kasih Fajarini, dan wakilnya, Evita Afdilah Sari.

"Pemkab Jember pasti akan mendukung kegiatan JFC 2024. Kenapa begitu? Karena selama tiga tahun kami memimpin Jember, kami sangat merasakan multiplier effect dari pagelaran JFC," ucap Bupati Hendy, dalam sambutannya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan launching ini, menjadi kebanggaan Bupati Hendy.

Menurutnya JFC yang  merupakan bidang fashion dan seni budaya ini, telah  berdampak pada banyak sektor. JFC menjadi lokomotif. Pada 2023 misalnya. Karena JFC, Jember mendapatkan penghargaan kebudayaan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. 

"Kita harus mensyukuri dan mendukung itu," katanya.

Dari kegiatan JFC itu, lanjut dia, ekonomi kerakyatan mendapatkan omset yang luar biasa saat itu. Yakni, sekitar Rp 12,7 miliar. Pertumbuhan ekonomi Jember bahkan jadi yang terbaik ketiga secara nasional.

Harapannya, dengan tema Algorithm, yang tidak bernilai menjadi bernilai, Jember dapat berkembang lebih pesat lagi. Dari Jember untuk Jawa Timur, dari Jember untuk Indonesia. 

"Kami himbau masyarakat Jember ikut andil dalam kesuksesan JFC 2024. Salah satunya, berpartisipasi untuk menjadi talent," harap Bupati Hendy.

Sementara itu, Presiden JFC Budi Setiawan menyatakan bahwa JFC telah menjadi Barometer Karnaval Indonesia.

 "JFC 2024 akan sangat spektakuler dengan tema besar terbaru, yakni ALGORITHM dengan tagline Beyond Binary of Our Story," terangnya.

Sedikitnya ada 10 defile yang disiapkan Dalam event JFC tahun 2024, yakni  Mulai Defile Wayang, Chess, Versailles, Media, Betta Fish, Climate Change, Zodiac, Fairy, Jember, dan Defile Rio.

Tema Besar ini penuh tantangan, karena  inspirasi yang diambil adalah Keterhubungan Multi Komponen yang dilewati selama perjalanan JFC sejak awal berdiri 2003 lalu hingga saat ini.

"Namun sebenarnya juga dapat diartikan Keterhubungan Multi Komponen dalam perjalanan kehidupan manusia," katanya.